Loading...

5 Penyebab dan Solusi Ampuh Mengatasi Ketombe

Adanya ketombe di kulit kepala tentulah terasa begitu sangat mengganggu. Meski bukan penyakit yang serius dan berbahaya, namun dengan adanya ketombe di kepala bukan tidak mungkin akan mengganggu pekerjaan. Ya bagaimana tidak, rasa gatal yang ditimbulkan menjadikan tangan akan jadi lebih sering menggaruk-garuk kulit kepala sehingga menghilangkan konsentrasi.

Penyebab Ketombe

Munculnya ketombe bukanlah tanpa sebab. Tentunya ada faktor yang menjadikan ketombe terus ada di kulit kepala. Berikut adalah beberapa penyebab seseorang lebih rentang memiliki ketombe, diantaranya:

1. Jenis Kelamin
Dibanding wanita, pria ternyata lebih rentan terserang ketombe. Penyebabnya karena hormon pria berpotensi memicu kelenjar-kelenjar minyak di kulit kepala untuk berproduksi melebihi kebutuhan. Kulit kepala terlalu lembap bisa memperluas daerah jajahan ketombe.

2. Stres
Karena pekerjaan yang menumpuk, maka ketombe pun juga akan lebih menumpuk. Biasanya, untuk yang telah memiliki masalah ketombe, problem ini akan semakin rumit ketika pikiran penuh dengan tekanan. Baca juga: cara mencegah dan mengatasi stres

Ditambah lagi dengan kebiasaan untuk menggaruk kepala ketika tidak menemukan solusi dalam pekerjaan yang akan semakin memperparahnya.

3. Faktor Usia
Bahkan seorang bayi pun juga bisa terserang ketombe. Namun diperkirakan ketika usia dewasa yang merupakan usia paling rentan bagi manusia untuk memiliki masalah ketombe.

4. Parkinson
Parkinson dan penyakit yang menyerang saraf tubuh ternyata juga memiliki kemungkinan untuk memperparah ketombe.

5. Gizi Buruk
Masalah ketombe biasanya muncul bagi mereka yang tak memiliki cukup asupan vitamin B, seng, serta beberapa jenis lemak tertentu.

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab munculnya ketombe, maka selanjutnya adalah tentang bagaimana cara mengatasi ketombe tersebut. Tentunya anda tidak menginginkan untuk terus memiliki ketombe yang berkembang di kepala bukan?

Solusi Cara Mengatasi Masalah Ketombe

Berikut adalah beberapa tindakan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel di kulit kepala. Diantaranya yang bisa anda lakukan yaitu:

1. Menjaga Kelembapan Kulit Kepala
Ketombe bisa timbul akibat dari kulit kepala yang lembab dikarenakan oleh minyak. Sebab itu kelembaban kulit kepala perlu dikontrol, baik itu dilakukan dengan perawatan secara alami maupun kimiawi. Misalnya dengan cara memakai masker rambut yang terbuat dari perasan air lemon ataupun bisa juga dengan memakai lidah buaya.

2. Keramas
Gunakan sampo untuk mencuci rambut, terutama menggunakan jenis sampo anti ketombe. Untuk mengendalikan pertumbuhan ketombe, maka keramas menggunakan sampo anti ketombe ini perlu dilakukan secara teratur, sekitar tiga hingga empat kali seminggu. Baca juga: cara keramas yang benar

3. Hindari Alergi Produk Penataan Rambut
Bila anda merasa tidak nyaman ketika menggunakan produk perawatan rambut, maka jangan terus dipaksakan. Sebagai contoh ketika anda menggunakan pewarna rambut dengan zat-zat tertentu, hasilnya ternyata justru membuat kulit kepala jadi berubah warna menjadi kemerahan, gatal, dan berkerak. Bila sudah demikian dan ini diteruskan maka bukan tidak mungkin anda akan segera bermasalah dengan ketombe..

4. Asupan Gizi yang Tepat
Sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya bahwa timbulnya ketombe di kulit kepala bisa dipicu oleh gizi buruk. Karenanya pastikan bahwa tubuh menerima cukup asupan vitamin B, seng serta jenis protein lainnya yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala dengan baik.

5. Air Putih
Tercukupinya kebutuhan akan cairan juga akan menjaga kelembaban pada kulit, juga termasuk kulit kepala. Salah satunya yang cukup efektif menjaga kelembaban adalah dengan minum air putih. Dengan demikian ketika kulit kepala kering, asupan air yang disimpan tubuh akan membantu menjaga kondisi kulit kepala. Baca juga: manfaat air putih untuk kesehatan tubuh

Langkah-langkah dalam penanganan masalah ketombe seperti yang diatas tentu saja tidak bisa dilakukan dengan cepat dan segera. Namun lebih diperlukan disiplin dalam melakukan hal-hal tersebut diatas. Ketika anda rajin dan rutin dalam melakukan perawatan kulit kepala maka masalah ketombe akan bisa dengan mudah diatasi.

loading...
Loading...
5 Penyebab dan Solusi Ampuh Mengatasi Ketombe | akbar | 4.5