Loading...

5 Penyeab Menstruasi Tidak Teratur

Normalnya, wanita akan mengalami menstruasi atau haid setiap bulan. Namun karena beberapa penyebab, maka terkadang ada wanita yang tidak mengalami menstruasi setiap bulan atau siklus yang tidak teratur.

Bahkan, ada juga beberapa wanita bisa sampai tiga bulan tidak mengalami menstruasi. Seperti yang dikutip dari laman Boldsky, berikut adalah penyebab wanita melewatkan menstruasi.

1. Stres
Stres tidak hanya buruk bagi kesehatan, namun juga buruk untuk kesuburan wanita, termasuk disini adalah menyebabkan menstruasi tidak teratur. Karena itu, menghindari stres akan sangat bermanfaat karena bisa membuat menstruasi wanita jadi lancar dan teratur setiap bulan.

2. Terlalu kurus
Terlalu kurus bisa mengganggu siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Berat badan yang terlalu kurus bisa menyebabkan organ vital tubuh tidak berfungsi dengan baik, sehingga bisa menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur.

3. Terlalu gemuk
Bahkan tidak hanya tubuh anda terlalu kurus, bila anda mengalami kelebihan berat badan pun juga akan berdampak buruk bagi siklus menstruasi.

4. Sering bepergian
Sering bepergian ke negara lain, terutama yang memiliki suhu atau cuaca yang berbeda terlalu jauh dengan negara anda, ini akan meningkatkan kemungkinan anda mengalami masalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Ini karena tubuh butuh penyesuaian dengan kondisi lingkungan sekitar, yang pada akhirnya akan berpengaruh juga terhadap siklus menstruasi.

5. Terlalu sering olahraga
Anda memang dianjurkan untuk secara rutin melakukan olahraga. Namun ingat, olahraga berlebihan pun tidak baik kesehatan karena akan mengganggu siklus menstruasi. Bila anda mengekspos tubuh untuk berolahraga secara berlebihan, maka akan mempengaruhi kesehatan fisik, salah satunya siklus menstruasi tidak teratur

loading...
Loading...
5 Penyeab Menstruasi Tidak Teratur | lawas | 4.5