Loading...

5 Penyakit yang harus diwaspadai pasca banjir

Beberapa hari terakhir banjir memang melanda beberapa daerah di Indonesia, termasuk kota-koa besar. Banyak rumah dan harta benda terendam, selain itu ada juga yang kehilangan anggota keluarganya yang menjadi korban banjir.
Namun perlu diperhatikan juga bahwa banyak sekali gangguan kesehatan yang mengancam korban banjir. Pasca banjir, ada baiknya anda mewaspadai beberapa penyakit berkut ini.

Leptospirosis

Penyakit ini ditularkan ke manusia saat kulit terkontak dengan air, tanah atau pembungkus makanan dan jamur yang tercemar urine tikus. Kotoran atau kencing tikus biasanya tercampur dengan genangan air banjir sehingga bisa mengakibatkan infeksi, khususnya bagi yang memiliki luka luar. Gejalanya berupa panas tiba-tiba, sakit kepala dan menggigil.

Demam berdarah dan malaria

Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk saat musim hujan dan pasca banjir. Saat musim hujan dan banjir, banyak sampah dan genangan air yang menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk aedes aegypty dan anopeles yang menularkan penyakit demam berdarah dan malaria ke manusia.

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA)

ISPA yang berupa kambuhnya asma atau alergi disebabkan oleh paparan jamur yang tumbuh lebih cepat pasca banjir. Gejala utamanya berupa batuk, nyeri dada dan lain-lain. Penyakit ini juga bisa ditularkan ke sesama ketika batuk atau meludah di sembarang tempat.

Diare

Diare bisa disebabkan oleh tercemarnya air atau makanan yang dikonsumsi. Saat banjir, biasanya banyak sumber air minum yang tercemar sehingga kita harus memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi serta membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun sehabis makan, minum atau buang air besar.

Penyakit kulit

Kulit yang terkontak langsung dengan air banjir rentan mengalami infeksi dan menimbulkan gatal-gatal. Selain itu bila terkena mata akan akan menimbulkan penyakit mata merah dan jika air masuk ke dalam telinga dapat menyebabkan radang. Karena itu jagalah kebersihan diri dengan baik agar terhindar dari penularan infeksi kulit ini.

loading...
Loading...
5 Penyakit yang harus diwaspadai pasca banjir | akbar | 4.5