Loading...

5 Pekerjaan yang berpengaruh buruk bagi kesehatan

Semua orang perlu bekerja untuk mendapatkan penghasilan demi kehidupan yang layak. Namun, tak sedikit orang yang malah mengabaikan kesehatan sendiri demi bekerja keras membanting tulang setiap hari. Hal ini mungkin tak disadari karena menjalani pekerjaan sehari-hari seperti sebuah kebiasaan yang wajar. Padahal dibalik pekerjaan tersebut ada bahaya kesehatan mengintai.

Lantas, pekerjaan apa saja yang berpengaruh buruk bagi kesehatan pekerjanya? Berikut daftarnya.

1. Pertanian
Penelitian menunjukkan bahwa para petani atau orang yang bekerja di bidang pertanian memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena leukemia, kanker kulit, perut, otak, dan kanker prostat karena terpapar zat kimia berbahaya seperti pestisida, pupuk, dan lainnya. Selain itu, mereka juga lebih mudah tertular oleh virus dari binatang dan debu.

2. Pekerja konstruksi
Selain rentan terkena bahaya akibat jatuh dari ketinggian atau kecelakaan kerja akibat mengoperasikan mesin, pekerja konstruksi juga berisiko untuk terpapar asbestos. Asbestos atau asbes adalah kelompok mineral yang terdiri atas serat silikat yang masuk ke sistem pernapasan dan berkumpul di paru-paru. Jika sudah berkumpul banyak, serat asbes pada paru-paru akan membuat semakin sulit bernapas. Selain menyebabkan asbestosis, serat asbes juga bisa memicu kanker.

3. Pemadam kebakaran
Trauma dan asap dari kebakaran sebenarnya bukan hal yang paling berbahaya untuk para pemadam kebakaran. Penelitian mengungkap bahwa pemadam kebakaran justru lebih berisiko meninggal akibat serangan jantung dibandingkan akibat asap kebakaran. Hal ini disebabkan oleh faktor psikologis dan fisik. Serangan jantung juga meningkat hingga 100 kali lipat ketika mereka berusaha memadamkan api.

4. Pilot
Menerbangkan pesawat memang sangat berisiko, apalagi jika pesawat gagal lepas landas, meledak, gagal mendarat, dan lainnya. Namun yang membahayakan kesehatan pilot adalah risiko terkena melanoma, jenis kanker kulit yang paling mematikan akibat radiasi yang disebabkan oleh sinar matahari yang dekat dengan pesawat. Selain itu, gaya hidup pilot yang sering melewati zona waktu berbeda juga membuat tubuhnya memiliki daya tahan tubuh yang rendah dan rentan terkena penyakit.

5. Karyawan
Karyawan atau pekerja kantoran yang terlalu banyak duduk lebih rentan terkena risiko meninggal akibat penyakit jantung hingga 82 persen. Selain itu, terlalu banyak duduk dan kurang gerak dan olahraga juga bisa memicu penyakit lain seperti diabetes, obesitas, dan lainnya.

Loading...
5 Pekerjaan yang berpengaruh buruk bagi kesehatan | akbar | 4.5