Loading...

5 Obat herbal untuk mengatasi sakit maag

Sakit maag bisa disebabkan karena telat makan atau naiknya asam lambung yang menyebabkan rasa sakit atau nyeri di sekitar perut. Tak jarang pada penderita maag juga akan merasa mual dan muntah. Untuk meredakannya, biasanya obat maag yang bisa dibeli di warung menjadi pilihan.

Bila anda kehabisan stok obat lambung, konsumsi saja beberapa makanan berikut yang memiliki efek untuk menurunkan atau menetralkan kadar asam lambung. Cara kerjanya hampir sama dengan obat maag, hanya saja sifatnya lebih aman dan menyehatkan.

1. Oatmeal
Siapa sangka sejenis gandum utuh yang biasa dikonsumsi saat sarapan ini bisa membantu menurunkan kadar asam lambung yang tinggi. Mengkonsumsi oatmeal saat sarapan juga dapat mencegah sakit maag menyerang tubuh anda.

2. Susu
Segelas susu dapat menetralkan asam lambung. Hal ini dikarenakan susu mengandung kalsium yang tinggi. Agar maag tidak sering kambuh, minumlah susu secara teratur setiap pagi atau malam hari. Sebaiknya pilih susu segar yang bisa disajikan dingin maupun hangat.

3. Jahe
Tanaman herbal ini memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat membantu menetralkan kadar asam di lambung. Jahe juga dapat meredakan gangguan pencernaan lainnya. Minumlah sari jahe setiap hari. Selain menghangatkan perut, sari jahe juga dapat mengatasi rasa nyeri.

4. Pisang dan semangka
Kedua buah ini berkhasiat untuk mengatasi masalah lambung. Bila asam lambung sudah mulai terasa naik, konsumsilah pisang atau semangka. Selain itu, jangan biarkan perut anda terlalu lama kosong agar asam lambung tidak naik terlalu tinggi.

5. Teh herbal
Teh hijau dan teh chamomile merupakan obat alami penurun kadar asam lambung. Minumlah dalam kondisi hangat dan agar efeknya lebih maksimal, tambahkan potongan jahe. Dengan mengkonsumsi teh secara teratur, rasa nyeri di perut juga akan semakin berkurang.

loading...
Loading...
5 Obat herbal untuk mengatasi sakit maag | akbar | 4.5