Loading...

5 Mitos dan fakta seputar kesehatan yang perlu anda ketahui

Ada banyak informasi seputar kesehatan yang justru tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Sumber informasi yang tidak valid tentu akan membingungkan dan membuat banyak orang salah kaprah tentang beberapa mitos kesehatan.

Setidaknya ada 5 mitos mengenai olahraga dan aktivitas yang perlu anda ketahui dan konfirmasi kebenarannya.

1. Sit up bantu ratakan perut
Banyak orang percaya bahwa melakukan sit up secara rutin dapat meratakan perut. Faktanya, olahraga ini tidak membakar terlalu banyak kalori dan memangkas lemak. Olahraga yang melibatkan bahu dan pinggul lebih efektif untuk meratakan perut.

2. Lemak akan semakin terbakar jika banyak berkeringat
Jika anda berolahraga dan mengeluarkan keringat, bukan berarti anda banyak membakar kalori. Keringat hanyalah respon biologis untuk mendinginkan kulit dan mengatur suhu tubuh internal. Apalagi jika berada di lingkungan yang panas dan melelahkan.

3. Berlari akan mengakibatkan cedera lutut
Sebuah studi mengungkapkan jika lutut para atlet pelari tidak berkurang kesehatan dan kekuatannya. Risiko cedera lutut serius dimungkinkan jika anda memiliki bentuk tubuh yang tidak seimbang antara paha depan dan paha belakang.

4. Peregangan memulihkan tubuh lebih cepat
Faktanya, melakukan peregangan pasca latihan tidak memberikan efek yang signifikan pada tubuh. Meski tidak sepenuhnya mengurangi nyeri otot dan memperbaiki jaringan, peregangan tetap perlu dilakukan sebagai relaksasi pasca-latihan dan cara terbaik untuk meningkatkan fleksibilitas sendi.

5. Lebih banyak berolahraga lebih baik
Berolahraga terlalu sering dan intens justru akan membuat tubuh cedera dan otot-otot menjadi kaku. Waktu istirahat tentu lebih penting untuk proses pemulihan tubuh, terutama usai melakukan latihan dengan porsi yang berat. Karena itu, pastikan untuk mengambil waktu istirahat secara teratur.

loading...
Loading...
5 Mitos dan fakta seputar kesehatan yang perlu anda ketahui | akbar | 4.5