Loading...

5 Manfaat tertawa bagi kesehatan

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. Kalimat ini mungkin ada benarnya karena selama masih bisa tertawa, itu menunjukkan bahwa kita adalah orang-orang yang bahagia. Tetawa dapat membuat hati tenang dan berdampak positif bagi kesehatan, terlebih jika dihabiskan bersama keluarga atau orang-orang terdekat.

Lantas, apa saja manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh maupun emosi? Simak uraiannya.

1. Sebagai kegiatan olahraga
Tertawa bisa menjadi salah satu kegiatan fisik seperti olahraga. Ketika tertawa, otot-otot wajah meregang sehingga meningkatkan denyut nadi dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Tertawa juga membuat seseorang bernapas lebih cepat sehingga memompa jantung dengan lebih cepat dan memperlancar peredaran darah.

2. Meningkatkan imun
Tertawa diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari flu atau stres berlebih. Saat tertawa, kadar oksigen meningkat dan membentuk antibodi yang mampu memerangi infeksi yang ada dalam tubuh. Tak jarang, mereka yang sering tertawa memiliki tubuh yang lebih sehat.

3. Terhindar dari penyakit kronis
Penelitian mengungkapkan, tertawa dapat meningkatkan 26% kolestrol baik dalam tubuh. Selain itu, orang yang sering tertawa juga terhindar dari berbagai penyakit serius seperti diabetes, serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

4. Meningkatkan kesehatan mental
Tertawa dapat membantu seseorang menahan energi negatif saat suasana hatinya sedang buruk. Hormon endorfin yang dilepaskan saat tertawa dapat membuat perasaan jauh lebih baik sehingga meningkatkan kesehatan mental dengan lebih positif.

5. Mengurangi rasa sakit
Rasa sakit akibat penyakit kronis dapat dikurangi saat tertawa. Meski tidak akan menyembuhkan penyakit tersebut, tertawa dapat membantu meringankan rasa sakit yang diderita. Selain itu, tertawa juga dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia meski sedang mengidap penyakit serius

loading...
Loading...
5 Manfaat tertawa bagi kesehatan | akbar | 4.5