Loading...

5 manfaat pelukan bagi keluarga

Masih ingatkah anda kapan terkahir kali berpelukan dengan anggota keluarga? Sebuah pelukan bisa menjadi ungkapan sayang yang kita berikan kepada orang-orang yang kita cintai. Pelukan dalam hubungan keluarga tentu sangat baik bagi psikologi dan emosional anggota keluarga tersebut. Pelukan juga tidak mengenal usia, baik tua dan muda tentu akan membutuhkan sentuhan fisik seperti pelukan. Bagi anak-anak pelukan akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhannya, sedangkan bagi yang sudah lanjut usia, pelukan akan memberikan dampak emosional dan ketenangan.

Pelukan dari anggota keluarga yang kita cintai tentu memberikan banyak manfaat positif, seperti berikut ini.

  • Pelukan dapat memberikan dampak positif bagi psikologis seseorang karena sentuhan fisik akan memberikan getaran batin dan keintiman yang bersifat emosional. Dengan memeluk anggota keluarga anda 8 kali sehari tentu sangat baik bagi psikologis anda dan keluarga.
  • Pelukan juga bisa menjadi tanda cinta dan kasih sayang yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Selain itu pelukan juga lebih efektif ketimbang kata-kata pujian dan ungkapan sayang sehingga sesorang akan lebih merasa dicintai dan dihargai.
  • Memberikan pelukan kepada anak yang masih kecil tentu akan berdampak besar bagi tumbuh kembang anak tersebut. Pelukan akan menjadikannya seseorang yang penuh cinta kasih dan berempati terhadap sesama. Pelukalah anak anda setiap harinya untuk memupuk rasa cinta dan kepeduliannya terhadap sesama ketika ia dewasa kelak.
  • Memeluk dengan tulus akan memberikan rasa ketenangan dan merangsang keluarnya hormon oksitoksin yang mampu memberikan rasa tenang dan bahagia serta mengurangi racun yang berbahaya bagi otak. Hormon ini juga dapat menjadi obat antidepresan yang menjadi pemicu stres.
  • Berpelukan juga bisa menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah. Jika saat ini anda sedang berkonflik dengan keluarga, tak perlu ragu untuk meminta maaf dan memeluknya karena cukup dengan satu pelukan masalah tersebut akan hilang secara psikologis.

Memberikan pelukan 8 kali sehari tentu bisa menjadi obat pemberi ketenangan dan mendekatkan hubungan antar anggota keluarga. Jika masih belum terbiasa, lakukanlah secara terus menerus dan bertahap sampai anda menemukan kenyamanannya. Jadi tunggu apa lagi, sudahkah anda memberikan pelukan kepada keluarga anda hari ini?

loading...
Loading...
dp pelukan hangat, meme ciuman

5 manfaat pelukan bagi keluarga | akbar | 4.5