Loading...

5 Manfaat Pappermint untuk Kesehatan

Gambar Pappermint - Daun MintPappermint merupakan jenis tumbuhan yang memberikan efek menyegarkan sehingga cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis makanan. Beberapa contoh makanan yang sering ditambahkan mint adalah permen, es krim, bahkan juga kopi.

SAlah satu bagian dari tumbuhan pappermint yang paling sering digunakan adalah bagian daunnya atau yang dikenal dengan daun mint.

Daun mint tidak hanya bisa memberikan efek menyegarkan, namun juga bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh kita. Bagi pencinta rasa mint, Anda boleh berbahagia karena ternyata Peppermint memiliki beberapa manfaat kesehatan. Seperti yang dikutip dari laman Huffington Post, berikut adalah lima manfaat daun mint untuk kesehatan :

1. Meringankan masalah perut
Hasil dari sebuah studi di Australia yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan bahwa pappermint sangat ampuh meredakan rasa sakit pada masalah perut. Hal ini dikarenakan peppermint mampu mengaktifkan sebuah kanal anti rasa sakit di usus besar sehingga menenangkan rasa nyeri pada saluran pencernaan.

2. Meredam rasa lapar
Hasil dari studi yang dimuat di Chicago Tribune diketahui bahwa menghirup aroma peppermint membuat seseorang merasa tidak selapar orang-orang yang tidak menghirupmya. Bahkan mereka yang menghirup aroma peppermint juga mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan dengan mereka yang tidak.

3. Meringankan sakit kepala
Treatmen dengan minyak peppermint dapat mengatasi sakit kepala akibat stress, rasa cemas berlebih, dan karena konsumsi alkohol. Cukup oleskan minyak peppermint pada area kepala. Bahkan menurut hasil sebuah studi kecil yang dilakukan pada tahun 1996 membuktikan bahwa menggosokkan minyak peppermint di dahi dan pelipis dapat meredakan sakit kepala sefektif parasetamol.

4. Meningkatkan konsentrasi
Hasil dari sebuah penelitian kecil yang dilakukan oleh Universitas Wheeling Jesuit menunjukkan bahwa menghirup peppermint berkorelasi dengan kewaspadaan, motivasi, dan performa yang lebih baik.

5. Melegakan hidung tersumbat
Salah satu zat aktif yang terkandung dalam pappermint adalah mentol yang karena aroma mint dari menthol tersebut maka dapat melegakan gejala batuk dan flu. Meski hanya ada sedikit yang membuktikan hal tersebut, namun dengan menghirup aroma peppermint, otak dapat terkelabuhi seolah-olah saluran pernafasan benar-benar menjadi bersih dan lega.

loading...
Loading...
pappermint

5 Manfaat Pappermint untuk Kesehatan | chsa | 4.5