Loading...

5 Manfaat Ikan Tuna untuk Anak

Manfaat Ikan Tuna Bagi AnakDHA (salah satu jenis omega-3) mempunyai manfaat yang sangat penting bagi anak, yaitu berperan penting dalam perkembangan otak. Ikan tuna merupakan salah satu jenis asupan makanan yang memiliki banyak kandungan omega 3.

Karena itu, ibu jangan ragu-ragu untuk memberi si kecil ikan tuna. Agar ibu makin percaya diri untuk memilih ikan tuna sebagai lauk si kecil, berikut informasi mengenai manfaat ikan tuna untuk anak.

1. Membuat bayi anda lebih cerdas
Menurut hasil sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics tahun 2003, diketahui bahwa calon ibu yang mengonsumsi suplemen omega-3 selama masa kehamilan dan menyusui, ternyata memiliki bayi dengan kemampuan kognitif lebih tinggi saat usia anak mereka 4 tahun. Pada tahun 2005, dilakukan studi lain dan hasilnya diketahui bahwa anak-anak sekolah yang diberi suplemen omega-3 menunjukkan peningkatan kemampuan membaca. Otak anak tumbuh tercepat saat sebelum lahir dan akan terus tumbuh pesat di tahun pertama kehidupannya. Jadi, inilah waktu yang ideal untuk memberikan anak anda kecukupan DHA dalam menu sehari-hari.

2. Meningkatkan fokus
Menurut hasil studi lain ditemukan bahwa balita yang ibunya memiliki kadar DHA lebih tinggi dalam darahnya saat persalinan, lebih mampu mempertahankan fokus pada objek dibandingkan balita lain yang ibunya memiliki kadar DHA rendah.

3. Memperbaiki penglihatan
DHA mempunyai peran yang penting dalam pembentukan retina mata. Anak-anak usia 12 bulan yang mendapat DHA cukup mempunyai tingkat penglihatan sekitar -20/28 vision, sementara mereka yang tidak, angkanya berkisar -20/41 vision, artinya anak-anak dengan DHA cukup mempunyai penglihatan yang lebih tajam dan jelas dibanding yang tidak. Jadi DHA berfungsi sebagai komponen utama pada retina mata, sekaligus mengoptimalkan fungsi retina itu.

4. Meningkatkan imunitas
DHA juga telah dikaitkan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah studi, balita yang mengonsumsi susu formula yang diperkaya dengan minyak ikan, memiliki kadar protein lebih tinggi-yang menunjukkan fungsi kekebalan tubuhnya dibanding balita yang minum susu formula atau susu sapi saja.

5. Mencegah eksim
Menurut hasil dari sebuah studi di Swedia, Omega-3 bisa membantu mengurangi peradangan di seluruh bagian tubuh, termasuk juga pada kulit. Menambahkan potongan ikan salmon atau ikan tuna ke dalam MP-ASI si kecil sebelum usianya 9 bulan, bisa membantu melindungi anak dari risiko alergi.

loading...
Loading...
manfaat ikan tuna untuk bayi, manfaat ikan tuna, ikan tuna untuk bayi, kandungan gizi ikan tuna untuk bayi

5 Manfaat Ikan Tuna untuk Anak | chsa | 4.5