Loading...

5 Manfaat Baking Soda Selain untuk Mengembangkan Kue

Baking soda atau dikenal juga dengan natrium bikarbonat merupakan bahan senyawa kimia yang sering dimanfaatkan untuk membuat kue dan membersihkan berbagai peralatan rumah tangga. Namun tahukah anda bahwa manfaat baking soda tidak hanya untuk mengembangkan kue saja?

Di kalangan pastry, pemakaian baking soda sudah bukan menjadi hal yang aneh, dan bahkan pemakaiannya sudah sangat umum dilakukan dimana bahan ini digunakan dengan tujuan sebagai bahan pengembang adonan kue. Beberapa jenis kue yang biasa menggunakan baking soda sebagai bahan pengembangnya misalnya saja adalah kue bolu, kue kering dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat Lain dari Baking Soda, Selain untuk Mengembangkan Kue

Pemakaian baking soda tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan pengembang adonan kue, namun juga bisa untuk membersihkan peralatan rumah. Sebagaimana yang dikutip dari laman Mental_Floss, berikut ini adalah manfaat lain dari baking soda yang mungkin belum anda ketahui.

Manfaat Baking Soda untuk Melunakkan Daging

Selain untuk mengembangkan kue, beberapa chef professional ternyata juga sering menggunakan baking soda untuk melunakkan daging olahan mereka. Bahkan, beberapa resep khas China menganjurkan penggunaan baking soda untuk proses marinasi.

Manfaat Baking Soda untuk Membersihkan Alat-alat dapur dan Perhiasan dari Perak

Membersihkan perhiasan dan peralatan dapur yang terbuat dari perak biasanya cukup sulit dilakukan. Untuk benar-benar bisa bersih, maka diperlukan waktu yang cukup lama untuk menggosok bahan perak tersebut. Nah, solusi terbaik yang bisa dilakukan untuk membersihkan perhiasan dan peralatan dapur dari perak dengan mudah adalah menggunakan baking soda. Untuk melakukannya anda hanya perlu untuk menaburkan seperempat cangkir baking soda ke dalam alumunium foil bersama peralatan dapur anda. Selanjutnya tuangkan air mendidih dan biarkan terendam hingga peralatan anda menjadi bersih.

Manfaat Baking Soda untuk Memutihkan Gigi

Bagi anda yang bermasalah dengan plak dan noda di gigi, anda bisa coba menggunakan baking soda, karena bahan ini bisa cukup ampuh menghilangkan plak dan noda yang ada di gigi. Caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu untuk mencampurkan baking soda dengan hidrogen peroksida, lalu sikat gigi secara perlahan. Diamkan setelah satu menit, lalu bilas mulut sampai bersih.

Manfaat Baking Soda untuk Menghilangkan Aroma Bau Tidak Sedap di Rumah

Tidak hanya untuk menetralisir aroma tidak sedap di dalam kulkas, manfaat baking soda juga bisa digunakan sebagai penyegar udara di rumah. Caranya pun sangatlah mudah. Campurkan setengah cangkir baking soda dan beberapa tetes minyak esensial ke dalam botol kecil. Kemudian bungkuslah botol tersebut dengan kain, setelah itu anda bisa meletakkannya di dalam kamar mandi atau lemari.

loading...
Loading...
5 Manfaat Baking Soda Selain untuk Mengembangkan Kue | akbar | 4.5