Loading...

5 Makanan yang sebaiknya dihindari saat sarapan

Sarapan memang baik sebagai penunjang untuk memulai aktifitas di sepanjang hari. Banyak orang mengonsumsi makanan yang ringan dan cenderung mudah dicerna saat sarapan seperti bubur, roti, lontong sayur atau nasi uduk. Namun tak jarang juga banyak yang mengonsumsi makanan yang seharusnya dihindari saat sarapan karena berpotensi mengganggu kesehatan, seperti makanan-makanan berikut.

1. Sereal manis
Semangkuk sereal dengan rasa yang manis dan penuh karbohidrat dan gula sangat buruk bagi kesehatan. Mengonsumsi sereal di pagi hari pun dapat meningkatkan gula darah dan membuatnya menurun sebelum beraktifitas. Karena itu, sebaiknya pilih sereal yang tinggi serat dan protein saat sarapan.

2. Daging olahan
Daging olahan seperti nugget atau sosis mengandung nitrat yang bisa menyebabkan kanker usus. Mengonsumsinya di pagi hari pun justru meningkatkan risiko kanker tersebut. Apalagi daging olahan juga dimasak dengan digoreng sehingga mengandung banyak minyak.

3. Kue dan donat
Banyak orang menginginkan sarapan yang praktis dan memilih kue atau donat. Padahal, baik kue maupun donat terbuat dari tepung terigu yang mengandung karbohidrat dan juga tambahan gula. Sedangkan gula adalah kandungan terburuk yang dikonsumsi saat pagi hari karena dapat memicu obesitas, diabetes dan kanker.

4. Sandwich instan
Banyaknya supermarket yang menjual sandwich instan dalam kemasan membuat sebagian orang tak perlu repot saat menyiapkan sarapan. Padahal sandwich instan dikemas dengan tambahan bahan pengawet dan sodium yang kurang baik bagi kesehatan.

5. Muffin
Sama seperti kue manis pada umumnya, konsumsi muffin yang tinggi kalori saat sarapan sangat tidak disarankan. Muffin yang terbuat dari tepung terigu, mentega dan banyak gula itu dapat meningkatkan gula darah secara drastis dan dengan cepat menurunkannya kembali.

loading...
Loading...
5 Makanan yang sebaiknya dihindari saat sarapan | akbar | 4.5