Loading...

5 Makanan yang bisa merusak kesehatan kulit

Menyebalkan memang memiliki kulit keriput, terlihat kusam ataupun muncul lingkaran hitam di bawah mata. Efek gangguan kesehatan kulit ini ternyata bisa karena dari makanan yang kita konsumsi. Apa saja makanan yang bisa menyebabkan kerusakan kulit tersebut?

Seperti yang dikutip dari laman Magforwomen, berikut adalah lima makanan penyebab rusaknya kesehatan kulit yang harus anda hindari :

1. Garam

Ketika usia anda mulai beranjak melewati 40 tahun, maka sudah saatnya anda mencemaskan dan memperhatikan kondisi kesehatan. Karena itu, batasilah mengonsumsi garam. Salah satu efek buruk dari mengonsumsi garam adalah akan menyebabkan mudahnya bagian bawah mata anda menjadi bengkak. Tidak hanya itu saja, namun kelebihan garam juga akan menyebabkan retensi air dan wajah anda tampak terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

2. Gula

Ketika anda terlalu banyak makan makanan yang banyak mengandung gula, ini bisa menyebabkan gangguan dan masalah pada kulit. Tingginya kadar gula dalam darah bisa merusak kolagen protein ramah di kulit yang pada akhirnya akan menyebabkan keriput dan garis-garis halus dui kulit. Bila anda termasuk penyuka makanan manis dan sulit untuk menghindarinya, maka anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi buah-buahan.

3. Kafein

Minuman berkafein seperti kopi atau teh memang terasa nikmat dan bermanfaat ketika dikonsumsi pagi hari karena bisa meningkatkan semangat. Namun hati-hati, konsumsi kafein ternyata akan meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh dan menghasilkan efek penuaan. Selain itu, efek diuretik dari mengonsumsi kafein juga meningkatkan kemungkinan anda akan mengalami dehidrasi dan bisa menyebabkan keriput serta akan membuat anda terlihat tua.

4. Makanan yang tinggi akan kandungan glisemik

Beberapa contoh makanan yang mengandung glisemik cukup tinggi adalah roti putih, pasta dan kentang. Makanan yang mengandung glisemik cukup tinggi sebaiknya anda hindari, karena makanan ini bisa meningkatkan gula darah dan akhirnya mempercepat proses penuaan dengan memecah kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin ini sendiri adalah dua protein penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Sebagai pilihan, untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian, anda bisa menggantinya dengan asupan yang makanan bergandum seperti bagel, tortilla, dan bayam.

5. Makanan yang mengandung lemak jenuh

Sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh bila memang anda mencintai kesehatan kulit anda. Hal ini karena lemak jenuh bisa mencegah air masuk mencapai sel-sel anda yang pada akhirnya akan membuat anda terlihat tua dan membosankan.

Lalu, apakah untuk menjaga kesehatan kulit kita harus benar-benar dengan sama sekali tidak mengunsumsi makanan di atas? Tentu saja tidak. Yang harus kita lakukan adalah membatasi dan mengurangi dari mengonsumsi makanan tersebut. Pasalahnya, selain menyebabkan kerusakan kulit, makanan yang tersebut di atas juga memberikan efek dan manfaat baik untuk kesehatan bila dikonsumsi secara tetap dan tidak berlebihan.

loading...
Loading...
5 Makanan yang bisa merusak kesehatan kulit | akbar | 4.5