Loading...

5 Makanan untuk mencegah dan mengatasi mual di pagi hari

Ketika awal kehamilan memasuki usia 3 bulan pertama, ibu hamil biasanya akan sering mengalami mual-mual di pagi hari. Hal ini karena adanya perubahan hormon saat hamil yang memberikan efek samping berupa perut terasa mual.

Sebenarnya, mual di pagi hari tidak hanya dialami oleh ibu hamil, namun penderita sakit maag dan darah rendah juga biasa mengalami mual di pagi hari. Tapi jangan khawatir, mengonsumsi makanan berikut ini dipercaya bisa membantu mengatasi perasaan mual saat bangun tidur di pagi hari. Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari Livestrong.

1. Kerupuk dan biskuit

Mengonsumsi makanan kering berkarbohidrat sebelum turun dari tempat tidur adalah salah satu cara mencegah mual di pagi hari yang paling umum dilakukan. Untuk mengatasi rasa mual, cobalah untuk makan sesuatu yang kering di pagi hari, seperti kerupuk, biskuit, sereal, roti panggang, atau makanan yang kering lainnya. Sementara segala bentuk makanan yang cair bisa dikonsumsi di antara waktu makan.

2. Jahe

Selain menghangatkan tubuh, jahe juga bisa bermanfaat untuk mengatasi mual. Jahe bisa dikonsumsi sebagai campuran makanan, minuman hangat, teh atau permen.

3. Lemon

Tambahkan tetesan air jeruk lemon ke dalam makanan atau teh, atau langsung dibuat minuman dalam bentuk air lemon untuk mengurangi rasa mual. Rasa asam yang terkandung dalam jeruk lemon bisa mengatasi perasaan mual anda. Namun agar lambung anda tidak kaget, sebaiknya anda makan sesuatu seperti roti atau lainnya sebelum mengonsumsi sesuatu yang asam.

4. Makanan dingin

Ibu yang sedang hamil muda seringkali merasakan mual ketika mencium bau masakan yang sedang dimasak. Untuk mengatasainya, anda bisa memulai hari dengan makan makanan yang dingin seperti yoghurt, puding, dan sereal. Daging, ayam dan telur yang dimasak matang juga pilihan yang tepat untuk menjadi sumber protein. Namun bila anda masih merasa mual, sediakanlah minuman yang dingin.

5. Makanan ringan

Ibu hamil sebaiknya menghindari makanan berlemak atau goreng-gorengan, juga sebaiknya hindari makanan pedas dan berminyak karena bisa menyebabkan rasa mual. Makanan lembut seperti sandwhich, salad atau sayur-sayuran hijau, gandum, yoguhrt, biskuit asin, kentang rebus, kerupuk, keju, buah dan sayur adalah beberapa contoh makanan yang boleh dikonsumsi.

loading...
Loading...
mengatasi mual di pagi hari, cara mengatasi mual di pagi hari, mual di pagi hari

5 Makanan untuk mencegah dan mengatasi mual di pagi hari | akbar | 4.5