Loading...

5 Makanan Sumber Nutrisi yang Ampuh untuk Mengatasi Osteoporosis

Pengeroposan tulang secara cepat yang membuatnya rapuh dikenal juga dengan istilah osteoporosis. Kurangnya asupan kalsium dalam tubuh ditengarai menjadi penyebab dari penyakit osteoporosis.

Salah satu gejala atau ciri-ciri umum seseorang menderita osteoporosis adalah biasanya ia akan merasakan sakit di bagian lutut. Untuk mengatasi kondisi ini bisa diatasi dengan meminum obat pereda nyeri hingga terapi suntik. Namun sayangnya, efek pengobatan tersebut tidak benar-benar mengembalikan kondisi kepadatan tulang.

Gambar Orang yang Menderita Sakit Osteoporis atau Rapuh Tulang yang Menjalani Perawatan

Penderita Sakit Osteoporosis atau Tulang Rapuh

Makanan Sumber Nutrisi yang Bisa Membantu Mencegah Osteoporosis

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kalsium merupakan cara terbaik untuk mengurangi rasa sakit serta mencegah semakin parahnya proses pengeroposan tulang yang terjadi. Adapun contoh makanan sumber kalsium yang bisa dikonsumsi untuk menangkal penyakit osteoporosis diantaranya adalah seperti berikut ini yang dikutip dari laman Boldsky:

1. Ikan
Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi akan kandungan kalsium dan juga rendah lemak yang mampu mencegah osteoporosis. Selain kalsium, kandungan protein, karbohidrat, dan vitamin pada ikan juga mampu mencegah penuaan dan meningkatkan kecerdasan otak.

2. Telur
Berat badan yang berlebih atau obesitas juga bisa menyebabkan osteoporosis. Karena itu untuk mencegah dan mengatasi gejala osteoporosis yang mungkin telah terjadi, maka anda disarankan untuk melakukan diet sehat. Adapun telur merupakan salah satu bahan pangan yang cocok dikonsumsi saat diet. Ini karena adanya kandungan di dalam telur, yaitu protein alami yang mampu menjaga kepadatan tulang.

3. Pisang
Pisang merupakan salah satu buah tinggi akan kandungan kalsium yang merupakan nutrisi penting untuk tulang. Kandungan di dalam pisang lainnya berupa vitamin, kalium, dan zat besi juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya itu saja, di dalam buah pisang juga terdapat serat yang mampu mengatasi sembelit.

4. Kubis
Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang diklaim ampuh mencegah osteoporosis. Ini karena adanya kandungan nutrisi dalam kubis berupa serat, vitamin, zat besi, kalsium, fosfor, dan kalium yang sangat bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu saja, kubis juga membantu proses metabolisme tubuh dan mencegah penyakit alzheimer.

5. Kacang-kacangan
Diklaim mampu menjaga kondisi kepadatan tulang, kacang memiliki kandungan cukup banyak vitamin D, serat, dan antioksidan yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu kacang juga kaya akan asam folat yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

6. Susu
Mengonsumsi susu dan berbagai produk olahannya, seperti yoghurt dan keju yang tinggi kalsium diklaim mampu mengobati dan mencegah osteoporosis. Hal ini dikarenakan di dalam susu terkandung vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum susu secara rutin sangat dianjurkan bagi anda terutama yang mengalami masalah dengan osteoporosis.

Itulah beberapa contoh makanan sumber nutrisi yang baik untuk menjaga kepadatan tulang supaya anda terhindar dari penyakit osteoporosis. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
5 Makanan Sumber Nutrisi yang Ampuh untuk Mengatasi Osteoporosis | akbar | 4.5