Loading...

5 Langkah, Cara Mudah Merawat Mobil Tua Agar Kondisi Mesin Selalu Prima

Ada banyak alasan kenapa orang menyukai untuk tetap memelihara mobil kesayangan meski itu mobil sudah cukup tua umurnya. Salah satunya adalah karena ada keasyikan tersendiri yang bisa dirasakan oleh pecinta mobil tua. Namun demikian, agar kondisi mobil bisa selalu dalam kondisi prima, pastikan untuk selalu melakukan perawatan mobil secara rutin. Dengan demikian saat akan digunakan mobil tidak ngambel atau ngadat di tengah jalan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pemilik mobil tua memang harus mau meluangkan waktuuntuk melakukan perawatan. Bahkan bukan tidak mungkin kalau pemilik mobil tua juga harus rela untuk mengeluarkan uangnya demi perawatan mobil kesayangan.

Gambar Mobil Suzuki Carry, Mobil Bekas Murah Irit Bahan Bakar BBM

Suzuki Carry, Mobil Bekas Murah Irit Bahan Bakar BBM

Tips Cara Merawat Mobil Tua Kesayangan

Berikut ini adalah lima hal yang wajib diperhatikan dalam merawat mobil tua supaya kondisinya tetap prima. Diantaranya:

1. Jaga Kebersihan Mobil
Minimal sepekan sekali mobil tua perlu dicuci semprot. Bila anda tidak punya cukup waktu untuk melakukannya, maka cukup bersihkan dengan lap basah dan dikeringkan. Selama mobil tidak digunakan, agar terhindar dari debu dan cat bodi tidak mudah kusam, maka gunakan sarung atau cover untuk menutup mobil.

2. Periksa Pelumas
Dibanding dengan mobil keluaran baru, umumnya mobil tua memiliki mesin yang lebih “haus” oli pelumas. Karena itu pastikan oli dalam kondisi baik dan tidak kurang volumenya agar komponen bergerak pada mesin mobil terhindar dari karat sehingga lebih panjang umur.

3. Matikan Kelistrikan
Biasanya mobil tua tidak lagi digunakan untuk melakukan segala aktivitas keseharian dan hanya dan hanya digunakan sesekali untuk momen-momen tertentu yang tentu saja membuat mobil tua anda lebih lama berdiam diri di garasi. Bila demikian, maka lebih baik kelistrikannya dimatikan saja dengan cara melepas kabel pada semua kutub aki. Langkah ini berguna agar usia pakai aki mobil anda lebih panjang.

4. Kaki-Kaki
Kaki-kaki yang dimiliki oleh mobil tua cenderung ringkih. Karena itu agar bisa lebih awet, ketika anda berencana untuk tidak memakainya dalam waktu yang cukup lama, maka sebaiknya mobil digantung dengan cara melepas semua roda dan menyangganya menggunakan dongkrak atau jack stand.

5. Bawa Keluar Garasi
Bagaimana pun sibuknya anda, tetap luangkan waktu untuk mengendarai mobil tua kesayangan keluar garasi minimal sepekan sekali. Langkah ini berguna untuk menjaga agar komponen mobil tetap bekerja. Selain itu, kegiatan membawa jalan-jalan mobil tua kesayangan juga bisa menjadi alternatif kegiatan yang bisa digunakan untuk mengurangi bosan dan jenuh dari rutinitas harian.

Itulah beberapa tips dalam melakukan perawatan mobil tua yang bisa dilakukan. Dengan melakukan perawatan mobil tua secara rutin demikian akan menjadikan mobil kesayangan anda akan selalu dalam kondisi prima.

loading...
Loading...
5 Langkah, Cara Mudah Merawat Mobil Tua Agar Kondisi Mesin Selalu Prima | akbar | 4.5