Loading...

5 Kegiatan yang bisa memicu kerusakan gigi

Merawat kesehatan gigi bukan sekedar menyikatnya secara rutin dan rajin berkumur. Menghindari kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi juga dapat membuat gigi jadi lebih sehat. Tanpa disadari ada banyak kegiatan yang dapat memicu kerusakan gigi seperti konsumsi makanan yang tidak tepat atau menggunakan gigi tidak sesuai fungsinya.

So, apa saja kebiasaan buruk yang bisa menjadi pemicu gigi jadi kurang sehat dan bahkan rusak? Berikut diantaranya:

1. Ngemil
Ngemil atau mengudap terlalu banyak makanan ringan dapat memicu kerusakan gigi. Saat ngemil, produksi air liur tidak sebanyak saat makan besar sehingga berakibat pada sisa penganan tersebut menempel di sela gigi. Kondisi ini semakin parah jika cemilan tersebut berupa makanan manis dan lengket sehingga sisa makanan yang menempel menjadi tempat nyaman untuk kuman berkembang biak dan merusak gigi.

2. Minuman manis
Jus buah yang diberi tambahan gula sebagai pemanis, atau minuman berkarbonasi yang mengandung gula dapat membuat gigi rusak. Ada baiknya Anda tidak menambahkan gula dalam jus dan kurangi minuman manis karena ini baik bagi kesehatan gigi dan tubuh Anda.

3. Mimunam berkafein
Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh dapat menimbulkan noda kusam di gigi jika diminum secara rutin. Kurangi konsumsi minuman tersebut, atau jika Anda terpaksa meminumnya, berkumurlah dengan air putih setelahnya.

4. Membuka tutup botol
Gigi memang anggota tubuh yang kuat sehingga kerap digunakan sebagai alat pembuka bungkus plastik atau tutup botol. Namun sebaiknya jangan sering melakukan kebiasaan buruk tersebut sebab gigi bisa rusak atau retak.

5. Es batu
Tak lengkap rasanya jika minum tanpa es batu. Namun banyak orang terbiasa mengunyah dan mengigit es batu. Jika terus dilakukan, hal ini bisa memicu kerusakan gigi karena tekstur es batu yang keras dan bersuhu dingin.

loading...
Loading...
5 Kegiatan yang bisa memicu kerusakan gigi | akbar | 4.5