Loading...

5 Jenis makanan untuk menangkal diabetes

Jumlah penderita diabetes kian hari kian bertambah saja. Belum lagi, penyakit berbahaya ini juga bisa memicu penyakit serius lainnya seperti stroke, penyakit jantung, dan penyakit ginjal. Bahkan, peneliti mengungkap bahwa diabetes lebih berbahaya dibandingkan dengan HIV. Sekali terkena diabetes, kehidupan seseorang akan berubah dan dia akan membutuhkan perawatan seumur hidup. Untuk itu, cara terbaik melawan diabetes adalah dengan mencegahnya.

Diabetes bisa dicegah dengan cara rutin berolahraga serta mengonsumsi makanan sehat. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu menangkal diabetes.

1. Oats
Oats merupakan makanan yang akan membantu mengontrol gula darah dan mencegah munculnya diabetes. Ini karena oats mengandung serat larut yang akan memperlambat penyerapan glukosa dari makanan dalam perut. Karena itu, banyak penderita diabetes yang mengonsumsi makanan ini saat sarapan.

2. Brokoli
Sayuran hijau ini dipenuhi oleh vitamin, mineral, dan serat. Selain itu, brokoli juga rendah kalori sehingga tak banyak berpengaruh terhadap tingkat gula dalam darah. Makanan ini bisa Anda konsumsi tanpa perlu khawatir gula darah melonjak.

3. Ikan
Orang yang banyak mengonsumsi ikan memiliki risiko terkena masalah kesehatan seperti stroke dan diabetes yang lebih rendah. Anda bisa mengonsumsi ikan dengan sayuran untuk menyeimbangkan protein dan serat yang dibutuhkan tubuh.

4. Putih telur
Putih telur kaya akan protein yang bisa mengontrol diabetes tipe-2. Putih telur juga bisa dikonsumsi secara teratur untuk mengontrol tingkat gula darah agar tetap stabil. Konsumsi putih telur secara rutin untuk mencegah diabetes.

5. Almond
Kacang almond mengandung magnesium dan lemak tak jenuh yang dapat menurunkan risiko diabetes. Tak hanya itu, almond juga mengandung karbohidrat berkualitas tinggi, protein, serta serat larut yang akan membantu mengontrol tingkat gula dalam darah. Almond juga membantu Anda agar tak mudah lapar.

loading...
Loading...
5 Jenis makanan untuk menangkal diabetes | akbar | 4.5