Loading...

5 Jenis Makanan Pereda Stres

Makanan Pereda Stres. Untuk Meredakan, Mengobati dan Menghilangkan StresStres bisa mengganggu aktivitas keseharian kita. Namun jangan khawatir, karena ternyata ada cara mudah dan asik untuk mengatasi stres, yaitu dengan makanan.

Mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini dipercaya bisa membantu meredakan stres. Karena makanan tersebut memiliki kandungan zat tertentu yang mampu menentramkan hati sehingga tidak membuat Anda stres.

Berikut adalah makanan yang berkhasiat menghalau dan bisa mengobati stres :

1. Teh
Teh memiliki kandungan zat yang menenangkan dan cenderung bisa membuat Anda tidur lebih lelap. Teh hijau mengandung asam amino yang disebut theanine, yang dikaitkan dengan pengurangan kecemasan dan cenderung membuat tidur.

2. Dark Chocholate
Menurut hasil studi pada 2009 menemukan bahwa pemakan cokelat yang makan cokelat secara teratur memiliki tingkat hormon stres Kortisol yang lebih rendah. Dark chocholate mengandung antioksidan dan flavonoid yang terkenal mampu merileks-an pikiran seseorang.

3. Lemak Ikan
Beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, dan ikan lainnya kaya akan omega-3 yang telah terbukti bisa mengurangi stres. Tim peneliti dari Ohio State University meneliti sekelompok kecil mahasiswa kedokteran dan tanggapan fisik mereka terhadap kecemasan dan stres selama tahun ajaran.

Di antara mereka yang diberi sumplemen omega-3, mengalami penurunan kecemasan sebanyak 20 % dibandingkan siswa yang tetap stres karena tidak mengonsumsi omega-3.

4. Buah dengan Vitamin C
Hasil studi tahun 2002 di Jerman menemukan bahwa dosis besar dan kuat dari vitamin C membantu orang bangkit kembali lebih mudah dari stres. Tekanan darah dan kadar kortisol menurun lebih cepat pada orang yang diberikan suplemen vitamin C daripada peserta studi diberi plasebo. Jadi mengonsumsi jeruk – atau salah satu makanan lain yang tinggi vitamin C bisa menjadi pilihan Anda terhindar dari stres.

5. Havermut
Karbohidrat alami bisa meningkatkan mood Anda dengan cara memproduksi serotonin dalam otak. Biji-bijian dengan serat hanya akan memakan waktu lebih lama untuk dicerna meskipun akhirnya hal itu mampu menghasilkan serotonin, kata Judith Wurtman, Ph.D, co-writer The Serotonin Power Diet. Ia juga menambahkan bahwa semangkuk oatmeal di pagi hari bisa membuat Anda lebih rileks tanpa menambah berat badan Anda terlalu besar.

loading...
Loading...
5 Jenis Makanan Pereda Stres | chsa | 4.5