Loading...

5 Gejala atau Tanda Seseorang Mengalami Gagal Jantung yang Harus Diketahui

Gejala Gagal Jantung, Tanda Gagal Jantung. Gejala dan Tanda Seseorang Mengalami Gagal JantungJantung merupakan salah satu organ penting bagi setiap makhluk hidup yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Bila kerja jantung terganggu maka ini bisa berakibat fatal hingga berakhir pada kematian. Karena itu, menjaga kesehatan jantung sangatlah penting.

Salah satu gangguan kesehatan yang mungkin terjadi adalah gagal jantung. Gagal jantung bukan disebabkan karena jantung berhenti bekerja, namun seseorang disebut mengalami gagal jantung ketika jantung mengalami kehilangan kemampuan untuk memompa cukup darah ke jaringan tubuh. Sebagai akibatnya, organ utama tubuh dan jaringan lainnya tidak cukup menerima oksigen dan nutrisi untuk berfungsi dengan baik.

Mengetahui gejala atau dan seseorang yang mengalami gagal jantung akan sangat bermanfaat untuk menghindari hal-hal yang lebih fatal akibat gagal jantung. Setidaknya ada lima hal yang bisa menjadi tanda seseorang mengalami gagal jantung. Berikut di antaranya:

1. Gampang lelah
Seseorang yang mengalami gagal jantung biasanya dia akan mudah merasa lelah, bahkan ketika dia melakukan aktivitas sehari-hari yang seharusnya tidak melelahkan. Biasanya, seiring dengan semakin beratnya keadaan gagal jantung yang dialami, maka keluhan mudah lelah juga akan semakin berat. Bahkan ketika gagal jantung masuk tahap akhir bisa menyebabkan tidak bisa melakukan aktivitas fisik sama sekali.

2. Mengalami sesak nafas
Sesak nafas tidak hanya menjadi gejala asma, namun gagal jantung pun bisa ditandai dengan sesak nafas. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa orang yang mengalami gagal jantung berarti terjadi kegagalan dalam memompa darah. Padahal fungsi darah adalah mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika jantung gagal memompa darah, hal ini akan menyebabkan akumulasi di ruang jantung dan pada akhirnya akan berbalik ke aliran darah paru. Hal inilah yang akan menyebabkan keluhan pasien mengalami sesak nafas.

3. Lebih suka tidur dalam posisi tinggi atau dengan dua-tiga bantal
Ketika tidur pada posisi kaki dan kepala sama rata anda merasakan sesak napas? Hati-hati, bisa jadi itu merupakan tanda anda mengalami gagal jantung. Biasanya pasien yang mengalami gagal jantung akan lebih memilih untuk tidur dengan dua-tiga buah bantal di kepala. Karena bila pasien tidur dengan satu bantal atau telentang, itu akan menyebabkan keluhan sesak nafas lebih sering timbul.

4. Muncul bengkak di beberapa bagian tubuh
Sebagai akibat dari terjadinya kegagalan dalam memompa darah, maka akan terjadi penumpukan cairan pada beberapa bagian tubuh pasien, misalnya saja di bagian kaki dan perut. Hal ini akan menyebabkan pasien terlihat mengalami pembengkakan.

5. Merasa lemas
Pasien yang mengalami gagal jantung maka aliran darah yang mengalir ke berbagai bagian tubuh menjadi tidak optimal. Sebagai akibat dari hal tersebut adalah munculnya berbagai keluhan seperti pasien merasa lemas, dan beberapa bagian tubuh seperti tangan terasa dingin.

Itulah beberapa tanda dan gejala seseorang yang mengalami gagal jantung. Namun demikian, bila anda memiliki keluhan yang dipaparkan diatas, tentu tidak secara langsung memastikan bahwa anda menderita gagal jantung. Untuk memastikan anda mengalami gagal jantung atau tidak, maka diperlukan pemeriksaan secara lengkap pada diri anda. Cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk memastikannya adalah dengan mengkonsultasikan diri anda ke dokter.

loading...
Loading...
manfaat tidur kaki lebih tinggi

5 Gejala atau Tanda Seseorang Mengalami Gagal Jantung yang Harus Diketahui | chsa | 4.5