Loading...

5 Fitur motor agar tahan banjir

Hujan deras yang mengguyur kota Jakarta akhir-akhir ini memnag mengakibatkan sejumlah ruas jalan terendam banjir. Tak jarang ada banyak kendaraan yang mogok saat berusaha menerobos genangan air, salah satunya adalah kendaraan roda 2 alias motor.

Namun, saat ini banyak pabrikan motor yang membuat produknya agar mampu menangani banjir. Salah satunya dengan menanamkan beberapa fitur agar motor buatannya tahan banjir. Apa saja itu? Berikut fiturnya.

1. Air Intake System
Fitur ini merupakan konstruksi saluran udara yang masuk menuju mesin dan CVT yang letakny agak tinggi. Air Intake System berfungsi untuk mengurangi risiko dari kotoran debu dan cipratan air, termasuk meminimalkan risiko yang bisa diakibatkan oleh genangan air banjir.

2. Air Filter
Air Filter atau filter udara adalah wet element penyaring udara tipe basah yang dirancang khusus untuk menyaring debu dengan ukuran terkecil, termasuk partikel-partikel debu dan kotoran yang dibawa oleh air banjir. Salah satu kelebihan dari fitur ini adalah bebas perawatan dan jangka penggantiannya jika sudah melewati 16.000 km.

3. Muffler Construction
Konstruksi lubang muffler atau knalpot dengan posisi yang lebih tinggi tentunya akan mengurangi risiko kemasukan air, terutama saat menerobos banjir. Fitur ini juga dilengkapi lubang pembuangan air untuk mencegah air tergenang di dalam muffler dan mencegah karat.

4. Couplers & Cap
Dengan menggunakan water proof coupler & cap untuk komponen kelistrikan seperti ECU, Spark Plug dan MAQS, tentunya akan lebih aman dari korsleting yang disebabkan oleh masuknya air ke dalam komponen-komponen tersebut.

5. Battery
Battery atau aki yang letaknya sangat tinggi seperti di bawah jok (double seat) dan menggunakan MF Battery yang bebas perawatan akan lebih meminimalisir risiko mogok karena tidak mudah terendam air saat banjir akibat hubungan arus pendek (korsleting).

loading...
Loading...
5 Fitur motor agar tahan banjir | akbar | 4.5