Loading...

5 Fakta tentang kemarahan

Pekerjaan yang tak kunjung selesai, teman atau rekan kerja yang menyebalkan, kemacetan di jalan, atau situasi yang membuat jengkel seringkali menjadi penyebab kemarahan. Saat marah, seseorang bisa menunjukkan emosinya seperti berteriak, melakukan tindakan fisik bahkan menangis.

Namun dibalik rasa marah tersebut, ternyata terdapat beberapa fakta menarik. Ingin tahu fakta unik dibalik bentuk emosi yang satu ini, berikut ulasannya.

1. Marah adalah hal yang normal
Marah merupakan salah satu emosi manusia yang paling mendasar. Kemarahan juga merupakan sebuah respon terhadap hal yang tidak normal atau yang dirasa membahayakan bagi diri orang tersebut sehingga menunjukkan emosi yang negatif.

2. Kemarahan dapat disebabkan karena hal aneh
Rasa marah seringali digambarkan oleh banyak orang sebagai bentuk reaksi terhadap suatu hal yang terjadi di dalam diri mereka. Namun sebenarnya, banyak hal yang dapat menyebabkan rasa marah, misalnya traumatik. Selain itu, saat berada di situasi dan kondisi yang tidak nyaman seperti lapar, sakit, udara yang panas, hingga dehidrasi juga dapat dengan mudah memancing rasa marah.

3. Membiarkannya merupakan cara termudah untuk mengatasi kemarahan
Menghadapi kemarahan memang suatu hal yang membingungkan. Melampiaskannya agar merasa lega seringkali menjadi pilihan. Namun seringkali situasi yang Anda hadapi tidak mengijikannya. Apabila Anda menghadapi rasa marah, cara terbaik adalah dengan membiarkannya. Perlu diingat, rasa marah merupakan keadaan yang temporer dan bersifat sementara.

4. Pria dan wanita mempunyai cara yang beda dalam mengekspresikan kemarahan
Laki-laki lebih mudah meluapkan rasa marah baik secara impulsif maupun fisik. Sementara perempuan lebih sulit mengekspresikannya dan durasi rasa marah tersebut lebih lama. Tak jarang banyak pria yang suka bertindak anarkis dan berteriak saat marah, sementara perempuan lebih sering menangis dan menunjukkan rasa frustrasi.

5. Marah berpengaruh pada kesehatan
Jika Anda termasuk orang yang mudah marah, sebaiknya kurangi sifat tersebut. Menurut beberapa penelitian, rasa marah mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, kemarahan juga identik dengan tekanan darah yang tinggi.

loading...
Loading...
5 Fakta tentang kemarahan | akbar | 4.5