Loading...

5 Dampak negatif dari konsumsi gula berlebih

Makanan manis dan mengandung gula seperti mousse, cake, brownies atau cokelat memang tidak dapat menahan godaan untuk disantap. Namun mengonsumsi makanan manis terlalu banyak dapat meningkatkan risiko seperti penumpukan lemak, obesitas dan diabetes. Tak hanya itu, setidaknya masih ada lima dampak negatif yang diakibatkan oleh konsumsi gula berlebih seperti berikut ini.

1. Membuat kecanduan
Penganan manis ini bersifat adiktif atau menimbulkan kecanduan. Bahkan, gula sama adiktifnya dengan kokain atau ganja. Semakin banyak dan sering dikonsumsi, maka kita akan semakin menginginkannya. Tentunya asupan gula yang berlebihan ini akan berpengaruh buruk bagi kesehatan.

2. Melemahkan daya tahan tubuh
Sistem imun tubuh akan menurun drastis jika mengonsumsi gula secara berlebihan. Tubuh pun menjadi mudah terjangkit penyakit seperti flu atau demam bahkan memicu tumbuhnya sel-sel kanker.

3. Memicu kegemukan
Tubuh memang memerlukan asupan gula lewat makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti mie, nasi, kentang atau gorengan yang menggunakan tepung sebagai penambah energi. Namun jika dikonsumsi berlebihan hanya akan menumpuk kalori dan lemak sehingga memicu kegemukan.

4. Memicu penuaan dini
Gula di aliran darah yang bereaksi dengan protein akan membentuk molekul baru yang disebut advanced glycation end (AGE) yang bersifat merugikan jaringan sel di sekitarnya. Kolagen dan elastin adalah jaringan yang terkena dampak buruk dari AGE sehingga menimbulkan kerutan dan garis-garis halus di kulit.

5. Membuat mood tidak stabil
Meski dianggap sebagai penghilang stres dan membuat perasaan lebih bahagia, hal itu hanyalah semu dan bersifat sementara. Nyatanya, konsumsi gula berlebih justru membuat mood menjadi naik turun. Kadar gula akan meningkat secara drastis saat melahap makanan manis dan juga cepat turun saat dibakar oleh tubuh sehingga mood menjadi buruk dan ingin makan makanan manis lagi.

loading...
Loading...
5 Dampak negatif dari konsumsi gula berlebih | akbar | 4.5