Loading...

5 Cemilan sehat yang baik untuk kesehatan

Mengonsumsi cemilan memang sering dilakukan oleh banyak orang, baik itu saat bekerja, menonton film, berkumpul bersama keluarga atau ketika merasa lapar di malam hari. Namun, banyak diantara cemilan tersebut yang kurang sehat dan mengandung minyak berlebih seperti gorengan, keripik kemasan atau junk food. Mengonsumsinya secara berlebihan pun dapat meningkatkan risiko penyakit seperti jantung, diabetes atau obesitas.

Jika anda masih hobi ngemil tetapi ingin tubuh tetap langsing dan sehat, cobalah beberapa cemilan berikut.

1. Buah ceri
Lupakan apel atau pir, cobalah konsumsi buah yang kaya akan melatonin ini yang sangat baik untuk mengatasi insomnia. Ceri juga bisa menjadi alternatif saat perut terasa lapar. Namun sebaiknya hindari mengonsumsi dalam jumlah yang banyak karena dapat meningkatkan gula darah.

2. Jeruk
Selain mengandung vitamin C, jeruk juga bisa menjadi alternatif untuk suplai karbohidrat bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak. Selain dikonsumsi secara langsung, jeruk juga bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan seperti squash.

3. Salad sayuran
Sayuran memiliki kandungan air yang tinggi sehingga membuat tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, salad yang berisi sayuran juga mengandung banyak vitamin, mineral dan protein yang menyehatkan sehingga aman untuk dikonsumsi di malam hari atau sebelum tidur.

4. Tuna kalengan
Setangkup roti gandum berisi tuna kalengan dengan olesan mustard lebih sehat ketimbang sandwich yang mengandung banyak lemak. Sekaleng tuna hanya mengandung 90 kalori. Tetapi perhatikan juga tuna kalengan yang anda beli tidak mengandung bahan tambahan seperti garam atau bumbu penyedap.

5. Susu rendah lemak
Mengonsumsi susu rendah lemak yang mengandung vitamin D dan kalsium pada malam hari sangat tepat untuk membantu tidur agar lebih nyenyak. Hal ini dikarenaan kandungan triptophan dalam susu mampu meningkatkan serotonin dalam tubuh sehingga membuatnya cepat mengantuk.

loading...
Loading...
5 Cemilan sehat yang baik untuk kesehatan | akbar | 4.5