Loading...

5 Cara untuk menjaga dan meningkatkan stamina tubuh

Banyak orang berusaha meningkatkan stamina tubuhnya agar lebih bugar. Saat beraktivitas fisik seperti olahraga, demi mendapatkan stamina yang prima biasanya dengan tambahan konsumsi minuman berenergi. Padahal, minuman ini jelas memiliki efek buruk bagi tubuh jika tidak dibatasi. Agar stamina tubuh meningkat, tentunya ada cara-cara yang lebih aman.

Berikut adalah 5 cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga stamina di dalam tubuh ketika menjalani aktivitas fisik.

1. Kurangi waktu istirahat
Agar kekuatan otot semakin terbentuk, batasi waktu istirahat ketika melakukan aktivitas fisik. Waktu istirahat dalam rentang 30-90 detik adalah cara yang optimal dalam menciptakan stamina tubuh yang prima.

2. Keseimbangan tubuh
Meski memotong waktu istirahat dapat mendorong tubuh untuk lebih optimal dalam menggenjot stamina. Perhatikan pula bahwa tubuh juga membutuhkan keseimbangan. Berlatih keras setiap hari tanpa keseimbangan hanya membuat intensitas tubuh melemah. Imbangi dengan aktivitas lain yang bermanfaat seperti yoga atau meditasi.

3. Tingkatkan intensitas
Meningkatkan intensitas latihan seperti berlari, bersepeda atau push up juga dapat membantu meningkatkan stamina fisik. Pembakaran di dalam tubuh juga membuat otot bekerja dengan maksimal dan membuat kita semakin semangat melakukannya.

4. Frekuensi dan durasi
Dua komponen yang berpengaruh dalam pembentukan stamina adalah frekuensi dan durasi dalam berolahraga. Aktivitas fisik yang membentuk stamina sebaiknya dilakukan 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi tiap latihan sekitar 30-40 menit.

5. Sugestikan pikiran
Selain meningkatkan kekuatan fisik dan otot, pembentukan stamina juga dapat terjadi dengan menggunakan bantuan kekuatan pikiran. Mensugestikan pikiran jelas mampu mendorong tubuh untuk menambah stamina. Namun, dibutuhkan kesediaan dan determinasi yang kuat untuk mendorong pikiran.

loading...
Loading...
cara menjaga fisik, cara menjaga stamina

5 Cara untuk menjaga dan meningkatkan stamina tubuh | akbar | 4.5