Loading...

5 Cara untuk mencegah risiko kanker usus

Kanker usus merupakan jenis kanker kedua yang bisa menyebabkan kematian. Gejalanya berupa keluarnya darah saat buang air besar, sakit perut, dan penurunan berat badan secara drastis. Namun sebenarnya kanker usus bisa dicegah dan diobati jika lebih cepat terdeteksi.

Selain melakukan deteksi dini dan pemeriksaan, risiko kanker usus juga bisa diturunkan dengan melakukan lima langkah berikut ini.

1. Pemeriksaan teratur
Jika Anda memiliki tingkat risiko normal, sebaiknya mulai periksakan kesehatan usus sejak usia 50 tahun. Namun, jika Anda memiliki risiko tinggi dengan riwayat keluarga yang pernah terkena kanker usus, lakukan pemeriksaan sebelum usia 50 tahun.

2. Konsumsi makanan sehat
Konsumsilah buah, sayur, dan kacang yang kaya serat. Selain itu, juga penting untuk mengonsumsi diet yang rendah lemak. Kanker usus biasanya berkaitan dengan diet dan pola makan sesorang. Hindari makanan yang kaya lemak dan utamakan makanan yang lebih sehat seperti sayur dan buah.

3. Hindari rokok dan alkohol
Agar usus tetap sehat, hindari rokok dan alkohol. Kombinasi konsumsi minuman yang mengandung alkohol serta nikotin pada rokok akan memicu kanker usus dan penyakit yang menyerang pencernaan dan lever.

4. Jaga berat badan
Menjaga berat badan juga bisa menurunkan risiko terkena kanker usus, selain juga dapat mencegah obesitas. Penelitian mengungkapkan bahwa obesitas juga bisa meningkatkan risiko kanker usus. Karena itu, mengawasi dan menjaga berat badan agar tetap ideal sangat penting untuk mencegah kanker usus.

5. Olahraga
Berolahragalah minimal 20 menit dalam tiga sampai empat hari setiap minggu. Tak perlu melakukan olahraga berat, lakukan saja yang ringan seperti berjalan-jalan, naik-turun tangga, berkebun, dan lainnya yang bisa membantu Anda menurunkan risiko kanker usus.

loading...
Loading...
5 Cara untuk mencegah risiko kanker usus | akbar | 4.5