Loading...

5 Cara mudah mendapatkan tidur malam yang nyenyak

Tidur malam yang berkualitas akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat dari tidur yang berlkualitas tersebut misalnya saja bisa untuk mengatasi stres, mengurangi peradangan kronis, dan juga bisa meningkatkan kesehatan pikiran. Sayangnya, tidak setiap orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah dengan tidur yang nyaman dan nyenyak, tidak berkali-kali terbangun di malam hari. Dengan tidur yang nyenyak, saat bangun, tubuh anda akan terasa segar, semangat bekerja pun akan semakin meningkat.

Seperti yang dikutip dari laman Newsmaxhealth, berikut merupakan lima tips cara yang bisa anda lakukan agar bisa tidur nyenyak dan berkualitas.

1. Hindari tidur siang

Tidur siang, apalagi bila terlalu lama, bisa menyebabkan insomnia atau mengalami susah tidur saat malam hari. Mulai sekarang, cobalah untuk tidak tidur di siang hari agar bisa tidur nyenyak saat malam hari. Dengan tidak tidur dari pagi sampai sore, ini akan membuat anda merasa mengantuk saat malam hari.

2. Hindari konsumsi kafein

Teh, kopi dan cokelat adalah beberapa contoh minuman yang harus dihindari saat malam hari bila ingin tidur nyenyak.  Karena semua minuman tersebut banyak mengandung kafein yang bisa menyebabkan seseorang mengalami susah tidur saat malam hari.

3. Batasi konsumsi cairan

Hindari banyak minum sebelum tidur untuk mencegah anda terbangun karena harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Tak jarang ketika seseorang sudah terbangun di tengah malam, maka akan sulit baginya untuk tidur kembali.

4. Rileks sebelum tidur

Olahraga dan nonton film horor seringkali akan membuat seseorang mengalami kesulitan tidur. Biar anda tidak mengalami kesulitan tidur saat malam hari, cobalah untuk memilih membanca buku dan hindari menonton film horor yang menakutkan. Initinya, buat pikiran anda menjadi rileks.

5. Lakukan rutinitas ringan

Membiasakan diri untuk tidur malam pada jam yang tetap, dan mematikan lampu kamar tidur bisa membantu anda cepat tidur. Bila setelah 20 menit berbaring di tempat tidur namun belum juga bisa tidur, cobalah bangun dan lakukan sesuatu. Misalnya jalan-jalan di taman atau halaman rumah. Selain akan membuat tubuh anda menjadi sedikit lelah, ini juga bisa membuat pikiran anda menjadi rileks, tidur pun jadi lebih nyenyak.

Bila setelah melakukan salah satu atau bahkan semua hal di atas ternyata anda tetap saja tidak bisa tidur, anda bisa coba cara lain yang mungkin sedikit unik, misalnya saja menghitung mundur angka dari ribuan, dan mungkin juga menyanyikan lagu favorit anda.

loading...
Loading...
5 Cara mudah mendapatkan tidur malam yang nyenyak | akbar | 4.5