Loading...

5 Cara Mudah Mencegah & Menghindari Terkena Hepatitis A

Hepatitis A adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh kotoran/tinja penderita; biasanya melalui makanan (fecal – oral), bukan melalui aktivitas seksual atau melalui darah. Hepatitis A paling ringan dibanding hepatitis jenis lain (B dan C). Sementara hepatitis B dan C disebarkan melalui media darah dan aktivitas seksual dan lebih berbahaya dibanding Hepatitis A.(WikiPedia)

Tidak ada pengobatan khusus untuk Hepatitis A. Pengobatan hanya bersifat simptomatis (menghilangkan gejala) dan menjaga keseimbangan nutrisi. Meski Hepatitis A seringkali tidak membahayakan, pencegahan tetap perlu diutamakan.

Untuk mencegah dan menghindari tertular virus hepatitis A, ada sejumlah langkah pencegahan yang bisa Anda dan keluarga lakukan seperti dikutip dari buku Pedoman Pengendalian Hepatitis Virus dalam Seminar Pengendalian Hepatitis di Kementerian Kesehatan, Senin (8/4/2013).

1. Masak makanan atau air sampai mendidih

2. Cuci buah dan sayuran mentah dengan air bersih sebelum dimakan

3. Serta cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum menyiapkan makan, makan, setelah buang air terutama buang air besar, juga setelah mengganti popok bayi.

4. Buang air besar di jamban yang memenuhi syarat kesehatan.

5. Pemberian imunisasi Hepatitis A.

loading...
Loading...
5 Cara Mudah Mencegah & Menghindari Terkena Hepatitis A | lawas | 4.5