Loading...

5 Cara Menjaga Kesehatan Vagina

Menjaga kesehatan vagina adalah suatu keharusan bagi setiap wanita. Tidak perduli berapapun usia anda saat ini. Menjaga kesehatan vagina juga akan membantu mempererat hubungan suami istri yang pada akhirnya akan terus menambah romantisme dalam berkeluarga. Bagaimana cara menjaga kesehatan vagina?

Seperti yang dikutip dari laman Healthmeup, berikut ini cara menjaga kesehatan vagina.

1. Kenakan celana katun
Pilihlah celana berbahan katun, karena bahan ini cepat kering. Terpenting ialah karena celana katun memungkinkan udara masuk dan membantu mencegah infeksi jamur karena kondisi lembap. Jadi, hindarilah memakai pakaian yang terbuat dari kain seperti renda, sutra atau bahan sintetis.

2. Jangan gunakan sabun
Terkadang, bau vagina bisa sangat kuat dan membuat malu. Tetapi pada kondisi ini, hindarilah membersihkan daerah kemaluan dengan sabun atau cairan pembersih. Vagina bisa tetap bersih dengan sendirinya, karena tubuh kita memiliki sistem untuk itu. Di samping itu, selama masa menstruasi, cucilah dengan air agar kebersihannya tetap baik.

3. Menjaga kebersihan selama menstruasi Anda
Agar vagina tetap sehat, sangat penting untuk mengikuti tip menjaga kebersihan selama menstruasi. Jangan menggunakan pembalut dengan waktu terlalu lama. Darah yang diserap pembalut, dengan durasi yang lama bisa memunculkan bakteri. Selain itu juga bisa menyebabkan ruam dan iritasi.

4. Jauhi untuk menyemprot vagina
Saat vagina mengeluarkan bau tak sedap, Anda mungkin berpikir untuk menggunakan penyemprot wangi-wangian ke vagina agar menjadi harum. Bila hal itu dilakukan, sebenarnya malah merusak tingkat pH dan menyebabkan iritasi pada vagina dan masalah lainnya.

5. Kenakan pakaian longgar
Mengenakan pakaian ketat seperti celana skinny biasanya memunculkan kondisi kelembaban, dan dapat menyebabkan infeksi jamur dan ruam. Karena itu, sangat penting untuk memakai pakaian yang longgar.

loading...
Loading...
5 Cara Menjaga Kesehatan Vagina | lawas | 4.5