Loading...

5 Cara menjaga baterai ponsel agar tetap awet

Baterai ponsel yang awet kini menjadi hal penting dalam penggunaan smartphone. Ponsel yang canggih sekalipun tentu kurang mantap jika daya tahan baterainya cepat terkuras. Meski kini banyak smartphone yang dibekali baterai berkapasitas besar agar lebih awet, masih ada beberapa cara untuk memaksimalkan kinerja penunjang daya hidup ponsel tersebut.

Agar baterai ponsel tetap awet, cobalah tips-tips dibawah ini.

1. Jaga suhu ponsel
Ponsel yang terkena suhu panas akan semakin memperlemah daya tahan baterai dan membuatnya lebih cepat rusak. Janga biarkan ponsel terpapar suhu panas secara berlebihan atau terkena sinar matahari langsung. Baterai akan lebih awet jika ponsel digunakan dalam suhu kamar yang terasa sejuk dan dingin.

2. Atur brightness dan screen timeout
Layar adalah komponen utama yang paling banyak menyedot daya baterai. Karena itu turunkanlah brightness atau tingkat kecerahan layar sampai tingkat dimana mata masih bisa melihat layar dengan nyaman. Atur juga screen timeout untuk mengatur berapa lama layar akan menyala jika tidak lagi disentuh. Cara ini dipastikan dapat menambah daya tahan baterai.

3. Matikan fitur yang tidak perlu
Untuk menghemat baterai, matikan beberapa fitur yang tidak diperlukan seperti koneksi data, WiFi, Bluetooth atau GPS. Nyalakan fitur-fitur tersebut jika diperlukan saja. Matikan juga mode vibrasi atau getaran untuk mengingatkan panggilan atau notifikasi lain karena juga cukup menyedot daya baterai.

4. Perhatikan flash dan wallpaper
Fitur flash pada kamera ternyata memakan daya baterai cukup besar. Matikanlah flash untuk memperpanjang daya baterai. Selain itu, wallpaper animasi atau yang bergerak seperti gif juga menghabiskan baterai dengan lebih cepat. Sebaiknya gunakan saja wallpaper statis atau yang tidak bergerak.

5. Berhenti mencari sinyal
Ponsel yang menyala tentu akan aktif mencari sinyal sekalipun di daerah yang sulit menangkap sinyal. Proses pencarian sinyal juga memakan daya baterai yang tidak sedikit. Jika tidak benar-benar dibutuhkan, matikan saja ponsel atau pindah ke flight mode agar ponsel tidak lagi mencari sinyal.

loading...
Loading...
5 Cara menjaga baterai ponsel agar tetap awet | akbar | 4.5