Loading...

5 Cara Mengobati Sakit Gigi Karena Berlubang dengan Cepat

Gigi merupakan pintu pertama dalam mencerna makanan sebelum akhirnya masuk ke dalam usus. Tanpa gigi yang sempurna, mencerna makanan menjadi sulit dilakukan dengan sempurna.

Karena itu, menjaga kesehatan gigi sangat penting dan perlu dilakukan sejak dini. Sebab bila tidak, kuman yang ada dalam mulut dapat menggerogoti gigi hingga akhirnya menyebabkan munculnya lubang pada gigi. Awalnya lubang yang muncul tidak terlihat, namun lama-lama menjadi besar dan menyebabkan sakit ketika ada makanan yang masuk ke lubang gigi tersebut.

Tips Bagaimana Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Es Batu

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Es Batu

Cara Mengobati Sakit Gigi Karena Gigi yang Berlubang

Rajin membersihkan gigi dengan menyikat gigi misalnya sangat penting dilakukan. Hal ini tidak hanya untuk mencegah munculnya bau mulut, namun juga akan mengusir kuman atau bakteri yang akan merusak gigi.

Ketika gigi sudah terlanjur berlubang, maka bila masih bisa segerlah melakukan penambalan pada gigi. Karena bukan tidak mungkin lubang gigi yang sudah cukup besar akan menyebabkan susah dilakukan penambalan dan mungkin jadi harus dicabut untuk menghindari sakit gigi.

Bila anda menderita sakit gigi karena gigi yang berlubang, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit gigi dengan segera. Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan:

1. Gunakan Es Batu
Pemakaian es batu ketika sakit gigi digunakan sebenarnya hanya untuk membuat saraf di sekitar gigi atau gusi menjadi kebas. Hingga hal ini akan menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan. Caranya anda bisa menghisap potongan es batu dan biarkan pada posisi di gigi yang sakit hingga mencair. Atau biar mudah pun anda bisa lakukan dengan mengompres pada bagian pipi luar dimana gigi terasa sakit.

Dari sumber yang pernah kami baca, menggosok es batu ditengah atau sela antara jari telunjuk dan jempol tangan bisa membantu mengurangi rasa sakit pada gigi. Gosok tangan kiri bila yang sakit adalah gigi sebelah kiri. Begitu juga sebaliknya. Lakukan pijat dengan es batu ini selama lima hingga sepuluh menit.

2. Kumur dengan Air Garam
Garam memiliki kandungan yodium yang baik untuk kesehatan gigi. Selain itu, garam juga mengandung unsur Natrium chloride yang didalamnya terdapat golongan halogen yang berguna untuk membunuh bakteri.

Cara meredakan sakit gigi dengan garam bisa anda lakukan dengan mudah. Cukup dengan berkumur menggunakan air garam hangat secara rutin. Pada saat berkumur posisikan di bagian mana yang dirasa sakit selama lebih dari 2 sampai 3 menit. Biar ampuh membunuh kuman, pastikan air garam yang digunakan cukup asin.

3. Minyak Cengkeh Mengobati Sakit Pada Gigi yang Berlubang
Cengkeh bisa disuling untuk diambil minyaknya. Nah, salah satu manfaat minyak cengkeh ini adalah bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit gigi pada gigi yang berlubang. Hal ini dikarenakan dalam minyak cengkeh terkandung zat anti-inflamasi, antioksidan dan anti bakteri.

Cara mengobati sakit gigi dengan minyak cengkeh cukup mudah. Siapkan kapas adn bentuk menjadi bulatan kecil sekira sesuai dengan lubang pada gigi. Teteskan minyak cengkeh pada kapas tersebut dan kemudian tempelkan atau masukkan pada lubang gigi yang terasa sakit.

4. Bawang Putih Membunuh Kuman dan Bakteri Penyebab Sakit Gigi
Salah satu bumbu wajib dalam masakan khas Indonesia ini ternyata juga memiliki manfaat dalam dunia medis. Sifat anti-inflamasi yang ada pada bawang putih berguna untuk membunuh kuman atau bakteri. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk membantu mengobati sakit gigi.

Untuk mengobati sakit gigi, tumbuk halus bawang putih kemudian tambahkan sedikit garam. Selanjutnya oleskan atau masukkan pada gigi yang berlubang. Ini bisa membantu membunuh kuman atau bakteri penyebab sakit gigi.

5. Minyak Rem Ampuh Mengobati Sakit Gigi
Bila anda sudah mencoba beberapa cara diatas namun sakit gigi tetap membandel dan tidak mau kunjung mereda, maka anda bisa mencoba gunakan minyak rem untuk motor atau mobil. Meski jauh dari bayangan mungkin, namun pemakaian minyak rem sudah cukup populer dan banyak diaplikasikan untuk mengobati luka biar bisa cepat kering.

Untuk mengobati sakit gigi karena gigi berlubang. Teteskan minyak rem pada kapas atau cotton bud. Selanjutnya gunakan untuk menyumpal lubang gigi yang sakit (sebentar saja). Ingat, jangan terlalu banyak atau terkena gigi yang sehat. Pasalnya efek samping dari pemakaian minyak rem sebagai obat sakit gigi bisa menyebabkan gigi menjadi rapuh. Namun demikian dari orang yang sudah pernah mencobanya menyebutkan bahwa cara ini sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi.

Untuk pemakaian minyak rem ini sebaiknya hanya sebagai alternatif terakhir dan bila anda berencana untuk mencabut gigi yang berlubang saja ya.. Karena saat gigi sedang sakit, pastinya dokter tidak akan mau mencabutnya. Pada kondisi inilah pemakaian minyak rem bisa dicoba.

loading...
Loading...
efek minyak rem untuk obat sakit gigi

5 Cara Mengobati Sakit Gigi Karena Berlubang dengan Cepat | akbar | 4.5