Loading...

5 Cara mencegah rambut beruban

Uban identik dengan usia yang menua. Di usia 40-50 tahun biasanya akan muncul tanda-tana penuaan seperti keriput dan juga uban. Namun di zaman serba modern seperti sekarang ini uban justru muncul saat masih berusia muda antara 20-30 tahun, bahkan anak berumur belasan tahunpun sudah mulai beruban.

Faktor-faktor penyebab munculnya rambut putih tersebut biasanya berasal dari dalam maupun luar tubuh seperti faktor genetik, hormon, polusi, perubahan iklim sampai rambut yang terkontaminasi toksin dan bahan kimia seperti pewarna rambut dan shampo. Sebelum anda mengalami pertumbuhan uban secara prematur, sebaiknya lakukan beberapa pencegahan sebagai berikut:

1. Tidur cukup

Dewasa ini stres sudah merajalela bahkan dalam kehidupan orang yang masih berusia muda. Dan stres juga menjadi salah satu faktor penyebab pertumbuhan uban pada rambut. Dengan tidur yang cukup akan membantu menurunkan tingat stres dan memberikan relaksasi bagi tubuh.

2. Banyak minum

Air putih merupakan minuman terbaik dan paling menyehatkan. Asupan mineral didalamnya tentu akan menghambat dan mencegah pertumbuhan uban. Minuman berkafein dan beralkohol sebaiknya dihindari karena hanya akan mengurangi kadar air dalam tubuh dan kelembaban sehingga nutrisi pada rambut semakin berkurang.

3. Berhenti merokok

Nikotin yang terkandung dalam rokok akan menghambat aliran nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang normal. Selain itu rokok juga terbukti dapat mempercepat proses penuaan. Hindari kebiasaan merokok ini demi mencegah timbulnya uban pada rambut anda.

4. Berolahraga

Berolahraga secara teratur juga dapat memperlancar peredaran darah sehingga mencegah proses pemutihan pada rambut. Meskipun singkat, olahraga yang dilakukan setiap hari tentu juga akan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh agar dapat mencapai kulit kepala dan rambut.

5. Tidak mencabut uban

Tahukah anda bahwa uban yang anda cabut akarnya akan bertunas dan merembet kepada tunas rambut lainnya. Selain berdampak buruk pada kesehatan, mencabut uban juga hanya akan memperbanyak volume uban dan membuat rambut semakin memutih.

Rambut berwarna putih keperakan menang terlihat indah pada tubuh yang sudah senja, namun akan terlihat aneh jika sudah muncul pada tubuh yang masih muda dan bugar. Karena itu, anda bisa mencoba beragam cara untuk mencegah pertumbuhan uban tersebut agar mahkota di kepala tetap terlihat indah dan mempesona.

loading...
Loading...
5 Cara mencegah rambut beruban | akbar | 4.5