Loading...

5 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia

Insomnia atau sulit tidur sering dialami oleh orang perkotaan. Insomnia biasanya disebabkan karena stres yang diakibatkan oleh banyaknya pekerjaan atau bisa juga karena macet di jalan saat berangkat atau pulang kerja.

Insomnia yang terus menerus dibiarkan akan mempengaruhi tingkat energi, suasana hati dan kesehatan. Karena itu, sebaiknya masalah insomnia atau susah tidur ini harus segera diatas. Seperti yang dikutip dari laamn Healthmeup, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan bila seringkali mengalami insomnia.

1. Jangan Biasakan Makan Berat Sebelum Tidur
Makan berat sebelum tidur bisa mengganggu tidur anda. Saat makan malam pastikan anda makan tiga sampai empat jam sebelum tidur agar makanan juga dapat dicerna dengan baik oleh tubuh anda. Selain tu, cobalah juga minum segelas susu hangat dan madu di malam hari. Susu mengandung tryptophan yang bisa membuat serototin, suatu zat kimia dalam otak yang dapat membantu anda tidur nyenyak.

2. Oleskan Aroma Lavender
Lavender dikenal memiliki transquiliser ringan yang bisa membantu anda tidur lebih nyenyak. Anda bisa mengoleskan minyak lavender pada bantal sebelum tiba waktu anda akan tidur. Anda juga bisa mandi dengan aromaterapi yang menenangkan sebelum tidur untuk membantu anda lebih rileks dan tertidur dengan mudah.

3. Hindari Tidur Siang
Ada orang yang tidak bisa tidak tidur siang. Bila ia tidak tidur siang, maka ia akan merasa pusing. Tapi perlu anda tahu, bahwa tidur siang bisa juga menjadi penyebab anda susah tidur saat malam hari. Kalaupun anda memutuskan untuk tidur di siang hari, jangan terlalu lama agar anda tidak sulit tidur saat malam.

4. Jangan Berolahraga Terlalu Dekat Dengan Jam Tidur
Kalau anda biasa melakukan olahraga malam hari, mulai sekarang anda harus memberi jeda waktu yang diambil antara olahraga dengan waktu tidur anda. Hal ini karena olahraga ternyata juga bisa menghambat tidur nyenyak anda.

5. Hindari Kafein
Bagi sebagian orang, mengonsumsi kafein memang bisa menyebabkan sulit tidur. Jika memang anda terpaksa harus mengonsumsi kafein, pastikan anda memberi rentang waktu setidaknya 4 jam sebelum tidur.

loading...
Loading...
5 Cara Ampuh Mengatasi Insomnia | lawas | 4.5