Loading...

5 Cara Ampuh Hemat Bahan Bakar Mobil Saat Mengemudi

Kenaikan harga BBM memang berpengaruh terhadap kantong saku pengemudi kendaraan, agar tidak semakin tekor perlu mengakali hal tersebut. Tidak perlu memodifikasi sistem pembakaran apalagi mengganti kendaraan ke yang lebih irit, ternyata sikap mengemudi ketika berkendara menjadi cara jitu untuk menangkal borosnya konsumsi bahan bakar kendaraan.

Gambar Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

Bagaimana Cara Mengemudi Mobil Agar Hemat bahan bakar

Cara ampuh untuk menghemat bahan bakar mobil dapat ditentukan dari gaya serta kecakapan saat mengemudi. Sebenarnya langkah-langkahnya sangatlah sederhana, tetapi terkadang dihiraukan oleh para pengendara mobil, padahal mampu membantu menghemat konsumsi bahan bakar jika dilakukan dengan baik dan benar.

Berikut cara mengemudi mobil agar bisa menghemat bahan bakar mobil dan tidak bikin kantong tekor.

1. Berkendara dengan bijak

Biasakan berkendara dengan bijak, tidak perlu kebut-kebutan. Sebaiknya pacu mobil Anda dengan kecepatan dibawah 85 km/jam. Secara teknis, jika kendaraan semakin dipacu dengan kecepatan tinggi akan semakin boros bahan bakar, karena setiap kecepatan naik 10 km/jam membutuhkan bahan bakar tambahan.

2. Jangan mengerem mendadak

Pada saat berkendara di jalan tol, pengendara sebaiknya tidak melakukan pengereman secara mendadak atau melakukan akselerasi yang tidak diperlukan, karena hal ini dapat membuat konsumsi bahan bakar irit 33 persen. Ini juga berlaku untuk jalan perkotaan, dimana memiliki 5 persen keiritan bahan bakar.

3. Kurangi beban

Beban mobil adalah salah satu penyumbang utama borosnya bahan bakar, jika beban semakin berat maka dipastikan laju mobil memerlukan daya yang besar sehingga konsumsi bahan bakar semakin boros. Jadi, sebaiknya tidak membawa beban banyak, karena setiap pengurangan bobot 45,3 kg dapat menghemat bensin sebanyak 2 persen.

4. Periksa kondisi ban

Sebelum berkendara dalam jarak jauh, perhatikan tekanan ban sudah sesuai aturan dari produsen mobil. Jika hal ini dilakukan mampu menghemat bahan bakar 3,3 persen dalam satu liter bensin.

5. Rawatlah mesin mobil anda

Pastikan mesin mobil selalu terawat, ganti oli mobil sesuai anjuran dan selalu gunakan oli yang direkomendasikan pabrik, jika ini diterapkan ternyata mampu menghemat 2 persen konsumsi bahan bakar.

Jika tips cara mengemudi agar mobil hemat bahan bakar tersebut dapat dilakukan dengan benar, maka pengemudi dapat menghemat bahan bakar dengan nilai presentase yang cukup tinggi, sehingga uang yang tadinya untuk menambah bahan bakar, bisa dialihkan untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Hemat bukan?

loading...
Loading...
bahan2 sederhana untuk membuat alat coli

5 Cara Ampuh Hemat Bahan Bakar Mobil Saat Mengemudi | akbar | 4.5