Loading...

5 Cara Alami untuk Menghilangkan Selulit di Tubuh

Selulit adalah gangguan pada kulit berupa benjolan atau guratan yang menonjol keluar akibat adanya penimbunan lemak di dalam lapisan kulit (hypodermis). Selulit biasanya muncul di bagian betis, paha, panggul, perut, maupun pantat.

Meski selulit bukanlah penyakit yang berbahaya, namun dengan adanya selulit dibagian tubuh tertentu, khususnya yang terlihat, tentunya akan sangat mengganggu penampilan. Meskipun selulit susah untuk dihilangkan secara keseluruhan, namun anda bisa menghindari atau mengatasinyadengan melakukan cara alami berikut ini. Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari laman Magforwomen.

1. Pijat dan sikat daerah yang bermasalah

Melakukan pemijatan pada kulit bisa membantu meningkatkan sirkulasi atau aliran darah dan merangsang aliran limfatik yang menjaga kulit dari terkena selulit di masa depan. Lakukan pemijatan pada daerah kulit yang berselulit menggunakan minyak esensial seperti almond, rosemary, bunga matahari, adas manis, dan cemara untuk membantu memperbaiki kulit yang terkena selulit.

Selain dengan pemijatan di atas, cara lain untuk mengusir selulit juga bisa dilakukan dengan menyikat dan memijat kulit. Gunakanlah sikat yang halus dan kering sebelum anda mandi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Pijatan tersebut akan meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki drainase getah bening. Sementara sikat kering akan membuka pori-pori dan menghilangkan kulit mati dari tubuh. Untuk hasil yang lebih bagus, arahkan ke atas dan gerakan lembut saat menyikat.

2. Latihan fisik yang teratur

Cara lain untuk mengusir selulit adalah dengan melakukan latihan fisik untuk meningkatkan aliran darah. Fokuskan pada latihan yang menargetkan pada daerah selulit seperti betis, paha, perut, dan pinggul.

Anda perlu menurunkan lemak yang berlebihan di dalam tubuh anda untuk mengurangi jumlah selulit di bawah pori-pori kulit. Lakukan aktivitas fisik seperti berjalan, berenang, bersepeda, atau jogging yang mengeluarkan keringat. Untuk menghindari dehidrasi, jangan lupa unutk minum air putih secara berkala.

3. Oleskan minyak kelapa

Untuk mengurangi selulit, anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada daerah tubuh yang terdapat selulit secara rutin. Minyak kelapa adalah antiinflamasi yang mudah menembus kulit dan memelihara kesehatan kulit.

Obat lain untuk mengurangi selulit yang bisa anda coba adalah dengan encampurkan beberapa minyak cypress dan geranium oil. Campurkan minyak tersebut dan simpan selama beberapa jam. Setelah itu, tambahkan beberapa tetes minyak lemon dan minyak jeruk ke dalam campuran. Lalu simpan di tempat yang dingin.

Setelah sehari, gunakan untuk memijat daerah yang terkena selulit selama beberapa menit. Untuk mengatasi selulit dan meningkatkan aliran darah, ulangi cara ini setiap harinya.

4. Konsumsi Ginkgo Biloba

Ginkgo Biloba adalah tanaman herbal yang dipercaya punya banyak sekali manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk mengusir selulit. Mengonsumsi ramuan Ginkgo Biloba bisa meningkatkan sirkulasi darah, membantu metabolisme, serta membakar lemak.

Ginkgo biloba merupakan obat alami untuk mengobati selulit. Untuk hasil yang terbaik, anda bisa menggunakan ramuan ekstrak kering Ginkgo Biloba.

5. Konsumsi lemak sehat

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan Asam Lemak Omega-3 seperti biji rami, minyak ikan, dan kacang-kacangan, bukan yang dari lemak jenuh, bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah yang pada akhirnya akan memberikan nutrisi ke tubuh secara merata. Ini juga akan membantu dalam penyembuhan masalah kulit selulit.

Meskipun selulit memang tidak bisa dicegah dengan sepenuhnya, namun anda bisa menghindari selulit dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, seperti menjauhi makanan berlemak, yo-yo diet, mengontrol berat badan, dan melakukan olahraga secara teratur.

loading...
Loading...
5 Cara Alami untuk Menghilangkan Selulit di Tubuh | akbar | 4.5