Loading...

5 Cara Alami Mencegah Munculnya Jerawat

Tips Cara Alami Mencegah JerawatTidak sedikit orang yang merasa malu dengan munculnya jerawat di wajah, terutama kaum hawa yang masih berusia muda. Karena itu, untuk mencegah munculnya jerawat, sebagaimana yang dikutip dari laman Medical Daily, ada lima cara alami yang bisa dilakukan agar jerawat tidak muncul di wajah anda.

1. Kurangi minum susu
Menurut hasil penelitian dari American Academy of Dermatology (AAD) yang dilakukan pada tahun 2005, diketahui bahwa ada hubungan positif antara hormon dan molekul bioaktif dalam susu, yang dapat membuat kulit iritasi. Hubungan ini berlaku untuk produk olahan susu seperti yogurt dan es krim.

2. Minyak tanaman teh
Minyak tanaman teh atau Alternifolia melaleuca merupakan antiseptik kuat. Sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa minyak yang berbau tajam ini adalah antijamur, antivirus, antibakteri, dan membantu melawan infeksi kulit seperti jerawat.

3. Perbanyak asupan air minum harian
Air minum bisa melembabkan kulit dan membantu mengurangi jerawat yang muncul. Selain itu, mengurangi asupan minuman soda dan jus manis dapat membantu mencegah munculnya jerawat. Walaupun tidak ada bukti langsung bahwa soda bisa menyebabkan jerawat, namun beberapa bahan yang ada di dalamnya bisa memicu tubuh untuk memproduksi jerawat.

4. Jangan mencuci wajah dengan sabun
Industri kecantikan telah menjadikan kata “minyak” sebagai istilah negatif untuk perawatan kulit. Mencuci wajah dengan sabun hanya akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak minyak.

Kemudian, sama halnya dengan jenis kulit berminyak, kulit kering juga rentan terhadap jerawat. Karena fakta menunjukkan bahwa bakteri dan minyak bisa meresap ke dalam kulit yang pecah-pecah.

5. Gunakan kunyit
Kunyit adalah rempah-rempah yang cukup dikenal karena manfaatnya sebagai obat, baik eksternal dan internal. Bahkan The National Institutes of Health telah menyatakan bahwa kunyit bisa membunuh tumor kanker tertentu.

Selain itu, sifat antijamur dan antibakteri kunyit bisa membantu menyingkirkan beberapa jenis jerawat lebih cepat, misalnya pustula (penonjolan kulit yang berisi nanah).

Untuk mengurangi peradangan dan mempercepat waktu penyembuhan, anda bisa mencampurkan kunyit dan air kemudian menaruhnya hangat-hangat di kulit.

loading...
Loading...
5 Cara Alami Mencegah Munculnya Jerawat | chsa | 4.5