Loading...

5 Bahaya Akibat Konsumsi Jagung Secara Berlebihan

Jagung merupakan makanan sumber karbohidrat selain nasi. Namun bagi anda pecinta olahan jagung, ada baiknya untuk tidak mengonsumsi setiap hari. Pasalnya, terlalu banyak makan jagung bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan tubuh.

Bahaya Mengonsumsi Jagung Secara Berlebihan

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, ada sejumlah alasan kenapa orang perlu membatasi asupan konsumsi jagung. Berikut ini beberapa diantara alasan tersebut:

1. Tinggi gula
Jagung berisi tinggi gula dan pati, serta kurang nilai gizi. Karena itu jagung bisa menjadi salah satu makanan yang bisa menjadi tidak sehat

2. Mengandung lektin
Jagung mengandung lektin yang merupakan protein. Ini harus dipecah menjadi asam amino untuk dicerna oleh tubuh. Tetapi, tubuh tidak bisa memecah lektin dan menyebabkan iritasi pada usus, sehingga mengakibatkan peradangan.

3. Tidak ada dicerna dengan mudah
Jagung memiliki kandungan serat selulosa dan tubuh sangat sulit untuk mencernanya. Tubuh manusia tidak bisa sepenuhnya memecah selulosa, karena tidak memiliki enzim untuk melakukan hal tersebut.

4. Penyakit autoimun
Meski jagung tidak mengandung gluten, namun tubuh akan memproses protein dalam jagung menjadi gluten. Hal ini mengganggu usus dan menciptakan masalah di sistem pencernaan. Karenanya, ini adalah salah satu efek buruk makan jagung.

5. Pestisida
Jagung mengandung Bacillus thuringiensis yang merupakan insektisida dan racun berbahaya. Ketika terakumulasi dalam darah, maka bisa mengganggu fungsi organ tubuh. Ini adalah salah satu efek samping terlalu banyak makan jagung.

Meskipun disebutkan bahaya akibat konsumsi jagung seperti diatas, namun bila anda mengonsumi jagung dalam batas wajar maka tidak akan ada masalah. Jadi jangan khawatir.

loading...
Loading...
5 Bahaya Akibat Konsumsi Jagung Secara Berlebihan | akbar | 4.5