Loading...

4 Tips kerja lembur yang sehat

Lembur adalah pekerjaan yang dilakukan diluar jam atau hari kerja seperti bekerja hingga larut malam atau paha hari istirahat mingguan dan hari libur resmi. Para pekerja profesional yang dituntut bekerja sesuai tenggat waktu atau deadline terkadang memang diharuskan bekerja melebihi batas normal.

Namun, jika terlalu sering bekerja lembur akan mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan seperti kurangnya konsentrasi, punggung kaku atau nyeri. Agar tubuh tetap sehat meski harus bekerja berjam-jam hingga larut malam, cobalah tips kerja lembur ang aman dan menyehatkan berikut ini:

1. Perhatikan jumlah asupan
Seringkali orang merasa malas makan karena merasa sudah terlalu lelah. Padahal, tubuh memerlukan asupan dari makanan yang cukup untuk menghasilkan energi. Ambilah makanan secukupnya dan jangan berlebihan. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga asupan cairan dengan minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi.

2. Pilih cemilan yang tepat
Bekerja lembur terkadang membuat seseorang menjadi lebih sering mengemil. Namun pastikan bahwa cemilan yang anda konsumsi itu menyehatkan seperti buah-buahan segar, kacang almond, biskuit sayuran, biskuit gandum, yogurt, dan lain-lain. hindari junk food dan snack kemasan serta minuman bersoda.

3. Sisipkan jam olahraga
Agar tubuh tidak kaku serta memperlancar peredaran darah, cobalah untuk menyisipkan waktu olahraga di jam lembur anda. Melakukan stretching 30 menit sekali atau olahraga ringan seperti push up akan membantu tubuh tetap waspada ketika merasa lelah.

4. Istirahat cukup
Setelah kerja lembur yang menguras tenaga, pastikan anda mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup sebelum memulai aktifitas kembali keesokan harinya. Jika tidur malam masih belum cukup, rencanakan waktu tidur siang minimal selama 20 menit agar tubuh kembali segar.

loading...
Loading...
4 Tips kerja lembur yang sehat | akbar | 4.5