Loading...

4 Tips cara untuk berhenti merokok

Kebiasaan merokok memang sulit untuk dihilangkan. Banyak orang menggunakan berbagai macam cara untuk menghentikan kebiasaan tersebut atau menekan keinginan untuk merokok. Ada yang berhasil, tetapi tidak sedikit pula yang gagal.
Berhenti merokok sebenarnya akan lebih mudah jika kita memiliki keinginan dan niat yang kuat untuk berhenti.

Dengan terapi yang tepat, tentu lebih memudahkan kita untuk berhenti. Berikut berbagai macam cara dan metode untuk menghentikan kebiasaan merokok.

1. Totok rokok
Metode ini menggunakan Spiritual Emotionnal Freedom Technique (SEFT) yang menggabungkan teknik akupuntur dan sisi religius. Namun akupuntur yang dilakukan bukan dengan menggunakan jarum melainkan hanya diberi ketukan pada titik-titik meridian. Pasien juga diwajibkan berdoa sebelum menjalani terapi.

2. Permen jahe
Cara ini sudah dilakukan sejak lama. Nikotin bisa menimbukan reaksi penarikan atau sakau sehingga membuat perut terasa mual. Jahe pun dipercaya dapat mengurangi rasa mual akibat penarikan nikotin tersebut. Oleh sebab itu banyak orang mengonsumsi permen jahe untuk mengatasi kecanduan nikotinnya.

3. Rokok herbal
Jika sulit dihentikan, maka teruskan saja kebiasaan merokok tersebut. Namun, cobalah untuk menghisap rokok herbal yang terbuat dari bahan-bahan seperti mint, cengkeh, kayu manis, melati, mawar dan menthol. Setidaknya cara ini lebih aman dan memberikan aroma tertentu bagi perokok.

4. Puasa
Salah satu cara yang relatif lebih aman adalah dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Misalnya bagi umat muslim saat menjalankan ibadah puasa. Mereka bisa melatih untuk menekan kebiasaan merokok sehingga berlanjut setelah bulan puasa lewat. Atau bisa juga si pecandu rokok sengaja berpuasa untuk menekan keinginannya untuk merokok. Cara ini pun terbilang cukup efekktif, apalagi dana yang biasa digunakan untuk membeli rokok bisa dialokasikan untuk hal positif seperti beramal.

loading...
Loading...
4 Tips cara untuk berhenti merokok | akbar | 4.5