Loading...

4 Tips cara mengatasi insomnia

Insomnia atau sulit tidur biasa dialami oleh masyarakat perkotaan. Stres yang meningkat ditambah dengan beban pekerjaan yang berat biasanya menjadi faktor pemicu kesulitan tidur tersebut. Faktor genetik juga bisa menjadi penyebab lain mengapa banyak orang menderita insomnia. Jangan pernah menganggap remeh insomnia karena kesulitan tidur bisa menimbulkan berbagai penyakit mulai dari yang ringan sampai penyakit berat. Rasa letih, lesu dan kepala pusing hanyalah segelintir dari efek yang bisa ditimbulkan oleh insomnia.

Jika saat ini anda mengalami insomnia, lakukanlah beragam tips berikut untuk membantu mengatasi penyakit susah tidur tersebut.

1. Kurangi stres

Stres atau banyak pikiran biasanya menjadi faktor utama penyebab banyak orang mengalami susah tidur. Jika beban di pikiran terlalu berat dan selalu menghantui di setiap malam, maka tak heran jika suatu saat anda akan mengalami insomnia. Manajemen stres adalah cara terbaik untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh rasa stres tersebut. Saat sedang beristirahat dan ingin tidur, lupakan sejenak segala masalah yang menjadi beban pikiran agar anda bisa tidur dengan nyenyak.

2. Hindari minuman berkafein

Minum minuman berkafein seperti kopi, teh maupun minuman ringan lainnya bisa membuat anda terjaga saat malam. Sebaiknya jauhi minuman tersebut menjelang tidur karena kandungan kafein didalamnya justru membuat anda tetap sadar dan tidak mengantuk.

3. Jangan makan terlalu malam

Kapan jam terakhir anda makan malam? Makan diatas jam 9 malam tentu akan membuat organ pencernaan bekerja ekstra sehingga sedikit menyulitkan kita ketika ingin tidur. Jika ditambah dengan makan terlalu banyak maka akan semakin memberatkan proses pencernaan sehingga membuat kita tetap terjaga di malam hari.

4. Jangan tidur siang

Percaya atau tidak, tidur di siang atau sore hari justru akan membuat kita susah tidur di malam harinya. Jam tidur yang seharusnya dibayar di malam hari justru terpotong oleh tidur siang. Maka dari itu, selelah atau secapek apapun tubuh anda sebaiknya cukup baringkan badan dan beristirahat. Tidur siang akan membuat kita lebih terjaga di malam hari dan jika dibiarkan terus akan menjadi insomnia akut.

Insomnia akan membuat kebugaran tubuh di pagi hari menjadi berkurang. Karena itu, jagalah pola makan dan pola hidup agar kita terhindar dari penyakit susah tidur tersebut dan penyakit-penyakit yang bisa ditimbulkan olehnya.

loading...
Loading...
4 Tips cara mengatasi insomnia | akbar | 4.5