Loading...

4 Tips cara mengajarkan anak remaja agar bisa mengatur keuangan sendiri

Walau masih berusia muda / remaja, remaja juga perlu tahu caranya mengatur uang. Mengajar remaja tidak sama dengan mengajar anak-anak. Kalau anak-anak bisa diajarkan untuk berhemat, menabung dan jangan boros dengan diperintah dan diberi tahu, anak remaja tidak bisa seperti itu. Terutama anak remaja yang sudah bisa menghasilkan uang sendiri dan harus memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka dan tuntutan dari teman-teman yang mengajak untuk berbelanja dan bergaul. Oleh karena itu, orang tua harus memberi pemahaman bagi anak remaja supaya bijak dalam mengatu uang.

Tips dan cara remaja mengatur uang akan sangat bermanfaat bagi anak remaja itu untuk masa depannya. Remaja tersebut akan bertanggung jawab hingga dewasanya dan mungkin saja akan bisa mengajar anak-anaknya nantinya.

Bagaimana anak remaja bisa mengatur uang? Berikut beberapa tips dan caranya yang bisa diajarkan orang tua kepada anak-anaknya.

1. Ajarkan Pentingnya Pendidikan dan Kerja Keras

Keinginan untuk bersenang-senang, menjadi diri sendiri dan bebas sering membuat anak remaja menjadi merasa pendidikan dan kerja keras tidak penting. Apalagi yang selama ini mendapat ‘uang bulanan’ dan bisa meminta pada orang tua kapan saja mereka mau, anak remaja tersebut menganggap tidak perlu kerja keras. Yang lainnya karena bisa menghasilkan uang sendiri merasa pendidikan tidak perlu lagi. Nah, di sinilah peran orang tua untuk mendidik anak remaja untuk memiliki sikap perlu untuk pendidikan kerja keras.

2. Ajarkan Anak untuk Membuka Rekening Tabungan

Walaupun sang anak remaja belum bisa menghasilkan uang sendiri, anak remaja harus diajarkan untuk menabung. Ya, mereka harus diajarkan untuk bisa mengelola uang yang ada di tangan mereka kemmudian menyisihkannya untuk ditabung. Dengan belajar menabung sejak dini, anak remaja akan terbiasa untuk berhemat dan pintar dalam mengatur uang hingga dewasa.

3. Berikan Apresiasi Kepada Anak

Anda tidak perlu memberikan hadiah besar atau mahal kepada anak. Atau Anda langsung membelikan apa yang anak remaja inginkan. Tetapi Anda bisa mengakalinya dengan mengajarkan anak remaja untuk menabung selama beberapa waktu kemudian anak menambahkan sisanya untuk membelikan apa yang diinginkan oleh anak remaja.

4. Jadilah Teladan bagi Anak Remaja

Anak cenderung mengikuti pola yang sudah diberikan oleh orang tua mereka. Jadi berikan contoh kepada anak bagaimana caranya mengatur uang dan berbelanja dengan bijak. Orang tua tidak bisa sekadar ngomong dan mengajarkan anak untuk mengelola uang jika orang tua sendiri boros menggunakan uang. Orang tua dapat mengajarkan anak untuk memanfaatkan produk diskon dan mengelola uang masuk dan uang keluar.

Nah, dengan menerapkan beberapa tips dan cara mengatur uang yang dipaparkan di atas bagi anak remaja, semoga anak remaja bisa bijak menggunakan uang dan membawanya ke masa depan. Anak remaja diharapkan dapat bijak dan membanggakan orang tua mereka.

loading...
Loading...
bokeb a

4 Tips cara mengajarkan anak remaja agar bisa mengatur keuangan sendiri | akbar | 4.5