Loading...

4 Tips cara membersihkan sepeda motor dari abu vulkanik

Peristiwa meletusnya Gunung Kelud beberapa waktu lalu memang membuat sejumlah kendaraan tertutupi oleh abu vulkanik yang tebal, salah satunya sepeda motor. Abu vulkanik yang menempel pada motor mengandung unsur asam sulfat yang bisa merusak motor. Sebelum digunakan kembali, ada baiknya kita membersihkan motor dari sisa-sisa kotoran dan dan debu vulkanik agar performanya tetap terjaga.

Untuk itu, bacalah tips-tips berikut yang dapat membantu anda untuk membersihkan motor agar tidak mengalami kerusakan yang parah.

1. Cuci motor
Bila melintasi daerah yang banyak terdapat abu vulkanik, jangan lupa untuk selalu mencuci sepeda motor setiap kali selesai dipakai. Gunakan air yang mengalir untuk mengusir kotoran dan partikel debu yang menempel. Untuk noda yang sedikit membandel atau bagian sulit seperti di sela-sela motor, semprotkan air yang bertekanan tinggi.

2. Ganti pelumas
Komponen yang menggunakan pelumas seperti rantai, bearing dan as roda tentunya akan menjadi lahan empuk tempat berkumpulnya abu vulkanik. Hal ini disebabkan sifat pelumas yang lengket sehingga membuat partikel debu menempel. Oleh sebab itu, bersihkan komponen-komponen tersebut sampai bersih kemudian ganti dengan pelumas yang baru.

3. Periksa CVT
Jika anda menggunakan sepeda motor jenis matik, sebaiknya cek selalu kebersihan CVT. Jika ada abu vulkanik yang menempel, segera bersihkan dengan menggunakan air mengalir atau sikat jika kotorannya sudah mengeras. Pastikan CVT motor anda sudah bersih dari abu vulkanik sebelum digunakan.

4. Bersihkan filter udara
Bersihkan filter udara pada motor setelah dipakai untuk menembus jalur yang penuh dengan abu vulkanik. Besar kemungkinan abu vulkanik sudah menumpuk pada saringan udara, dan jika tidak dibersihkan, debu akan masuk ke mesin dan mengakibatkan performa motor menjadi tidak fit.

loading...
Loading...
4 Tips cara membersihkan sepeda motor dari abu vulkanik | akbar | 4.5