Loading...

4 Tips Cara Membedakan Bakso Daging Sapi Asli dan Bakso Campuran Daging Babi

Beberapa hari ini ramai dibicarakan di berbagai media televisi maupun cetak tentang adanya bakso yang dicampur dengan daging babi. Sebenarnya, penggunaan daging babi sebagai campuran bakso ini tidak akan bermasalah bila dengan jelas menyebutkan kalau bakso daging yang dibuatnya menggunakan campuran daging babi.

Penggunaan daging babi sebagai campuran bahan bakso tentu sangat merugikan, terutama bagi umat muslim. Sebagaimana yang kita ketahui, memakan daging babi adalah hukumnya haram, bahkan menyentuhnya pun tidak diperbolehkan.

Untuk menghindari kemungkinan dari mengonsumsi bakso daging babi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui dan membedakan antara bakso daging sapi asli dengan bakso yang menggunakan campuran daging babi.

1. Aroma
Pada saat bakso direbus, maka akan ada aroma khas yang keluar. Umumnya bakso daging babi beraroma lebih amis bila dibandingkan dengan bakso daging sapi. Maka dari itu itu, anda perlu mewaspadai bila anda mencium aroma bakso yang mencurigakan tersebut.

2. Tekstur bakso
Daging babi memiliki tekstur lebih kasar. Karena itu, bila dibuat menjadi bakso, maka akan mudah pecah bila ditusuk sendok. Bila anda memakan bakso yang sudah terlihat seperti itu, maka lebih baik anda berhenti memakannya. Karena bisa jadi bakso yang anda makan memang dicampuri dengan daging babi.

3. Rasa yang berbeda
Bakso yang menggunakan campuran daging babi biasanya akan memiliki rasa yang lebih gurih. Namun demikian, ada juga pedagang bakso yang licik dengan menambahkan bawang putih untuk menghilangkan ciri khas bau daging babi tersebut.

4. Harganya lebih murah
Bila anda mendapati sebuah warung bakso yang rasanya enak namun harganya sangat murah, maka anda perlu mewaspadai akan komposisi dari bakso yang digunakan. Perlu diketahui bahwa harga daging babi lebih murah dari daging sapi, maka bila menggunakan daging babi ini akan membuat penjual bisa menjual bakso dengan harga yang lebih murah namun tetap mendapatkan untung yang besar.

Namun bila anda tetap merasa ragu-ragu akan bahan yang digunakan untuk membuat bakso yang akan anda konsumsi, sebaiknya belilah bakso dari pedagang yang sudah benar-benar anda percayai. Itu akan lebih lebih dan lebih terjamin akan bakso yang anda konsumsi.

loading...
Loading...
Bakso daging ular, ciri ciri bakso daging sapi asli, ciri ciri bakso daging babi, ciri ciri bakso babi, ciri bakso babi, ciri bakso daging babi, ciri bakso daging sapi asli

4 Tips Cara Membedakan Bakso Daging Sapi Asli dan Bakso Campuran Daging Babi | akbar | 4.5