Loading...

4 Tanda-tanda Wanita Subur yang Perlu Anda Tahu

Tanpa hadirnya bayi, kehidupan dalam rumah tangga akan terasa sepi. Oleh karenanya, banyak pasangan baru yang ingin segera mempunyai momongan. Sayangnya, tidak semua pasangan bisa dengan segera memiliki momongan. Tidak sedikit yang menyebabkan sulitnya mendapatkan momongan tersebut karena memiliki masalah kesuburan yang baru diketahui setelah menikah.

Normalnya, pada wanita dengan usia belum sampai 34 tahun mempunyai kemungkinan kesuburannya mencapai 90%. Dengan catatan, wanita tersebut bukanlah pengguna obat terlarang atau peminum alkohol.

Nah, apakah Anda termasuk yang 90% tersebut? Anda bisa mengetahuinya apakah Anda termasuk wanita yang subur atau tidak dengan 4 cara berikut ini.

1. Siklus menstruasi yang normal
Periode menstruasi yang teratur memungkinkan seorang wanita mengetahui kapankah saat terbaik untuk berhubungan dengan kemungkinan hamil yang tinggi. Adapun menstruasi teratur artinya ovulasi tejadi secara teratur dan tanda keseimbangan hormon.

Pada siklus menstruasi yang normal, yaitu selama 24 dan 35 hari, ovulasi umumnya terjadi pada sekitar pertengahan siklus. Adapun tanda-tanda ovulasi adalah rasa nyeri pada payudara, perut kembung, nyeri perut ringan, serta suhu tubuh dan gairah seks yang meningkat.

2. Berat badan normal
Kelebihan atau bahkan berap badan yang dibawah standar akan menganggu keseimbangan hormon dalam tubuh yang mengganggu keberhasilan ovulasi. Dalam kasus yang ekstrim, bahkan ovulasi bisa terhenti sama sekali.

Pada wanita dengan tubuh kurus, tubuh akan menghemat energi dengan cara menghentikan proses ovulasi. Jika ini terus berlanjut untuk jangka waktu yang panjang, maka ada kemungkinan akan menyebabkan mandul.

Olahraga berlebihan juga bisa menyebabkan mandul karena kurangnya lemak tubuh. Sementara kelebihan berat badan juga meningkatkan risiko terserang sindrom ovarium polikistik yang bisa menyebabkan kemandulan permanen.

3. Tidak merokok
Bagi wanita perokok berat, kemungkinan terjadinya penurunan tingkat kesuburan bisa sekitar 43% dan 3 kali lebih mungkin menjadi mandul dibandingkan wanita yang tidak merokok. Bahkan kemungkinan ini akan meningkat lebih tinggi jika pasangannya ternyata juga seorang perokok.

Bahan kimia dalam rokok bisa merusak sel telur dan dapat mengganggu ovulasi. Tidak hanya bisa membuat susah hamil, tetapi juga akan meningkatkan kemungkinan bayi keguguran dan lahir mati.

4. Tidak stres
Salah satu faktor yang mengganggu kemampuan seorang wanita untuk bisa hamil adalah stres. Sayangnya, dalam kehidupan keseharian faktor resiko yang satu ini sangat sulit untuk dihindarkan.

Wanita stres akan memproduksi hormon kortisol dan prolaktin yang secara aktif mengganggu dan bahkan bisa menghentikan ovulasi. Jika ini dalam waktu lama, maka sistem kekebalan tubuh akan jadi berkurang. Pada saat ini, kemungkinan untuk hamil akan menyusut karena kehamilan akan membahayakan fungsi dan kemampuan tubuh untuk mengatasi stres.

Panduan Cara Cepat Hamil

loading...
Loading...
4 Tanda-tanda Wanita Subur yang Perlu Anda Tahu | lawas | 4.5