Loading...

4 Tanaman herbal untuk mengatasi penyakit dalam

Kekayaan flora di Indonesia juga memunculkan beberapa jenis tanaman herbal yang berfungsi sebagai obat dalam dan mengatasi penyakit non-infeksi seperti mual, diare, flu, maag dan sebagainya. Setdiaknya ada 300 jenis tanaman obat yang sudah terstandarisasi memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Namun, ada empat jenis tanaman obat yang paling sering digunakan untuk obat herbal karena mudah dijumpai dan pengolahannya yang sederhana. Berikut daftarnya:

1. Jahe
Tanaman ini sering digunakan sebagai bumbu makanan untuk menciptakan sensasi pedas dan panas. Namun, jahe juga memiliki kandungan inflamasi yang ampuh untuk mengobati masalah kesehatan. Gangguan pencernaan, mual dan menjaga daya tahan tubuh bisa diatasi dengan mengonsumsi jahe.

Agar hasilnya maksimal, jangan menggunakan jahe terlalu banyak karena akan mengakibatkan tubuh menjadi panas. Selain itu, jika air rebusan jahe terasa pahit, tambahkan saja madu atau gula aren secukupnya.

2. Daun mint
Sensasi dingin dari daun mint ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. Air rebusan daun mint dipercaya dapat mengatasi gangguan hidung tersumbat, gangguan pencernaan, mengatasi mual dan nafas tak sedap.

3. Daun meniran
Tanaman yang satu ini memiliki khasiat untuk menghangatkan badan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Minumlah segelas air rebusan daun meniran yang masih hangat dan diminum menjelang tidur atau saat cuaca dingin dan tak menentu.

4. Daun jambu biji
Selain buahnya yang lezat dan mengandung banyak vitamin, daun jambu biji juga dapat dikonsumsi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Daun jamb biji bisa dikunyah secara langsung atau direbus dengan tambahan madu dan garam. Selain sebagai obat diare yang ampuh, tanaman herbal ini juga bisa menghilangkan sariawan.

loading...
Loading...
4 Tanaman herbal untuk mengatasi penyakit dalam | akbar | 4.5