Loading...

4 Siklus Menstruasi yang Tidak Normal yang Perlu Anda Waspadai

Berbagai jenis siklus menstruasi sangat dipengaruhi faktor keturunan atau hormonal, pola makan, kebiasaan buruk (minum dan merokok), stres, kurang olahraga, dan kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan. Jika Anda mengalami salah satu dari empat jenis siklus menstruasi di bawah ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Tiap wanita memiliki siklus yang berbeda, begitupula dengan volume darah yang dikeluarkan. Ada empat jenis siklus menstruasi abnormal yang patut diperhatikan.

  1. Menorrhagia, yaitu pendarahan berlebihan saat menstruasi. Kebanyakan kasus ini membutuhkan konsultasi dokter dan pengobatan lebih lanjut.
  2. Metrorrhagia, atau menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi dapat terjadi sekali setiap 3-6 minggu.
  3. Oligomenore, aliran menstruasi sangat sedikit dan jarang. Pada sebagian besar wanita yang memiliki kondisi ini, periode mereka hanya dapat terjadi dua kali setahun.
  4. Polymoenorrhea, menstruasi lebih sering terjadi. Wanita yang mengalami menstruasi polymenorrhea mungkin menunggu kedatangan tamu bulanan itu setiap 2-3 minggu.

Jumlah darah yang keluar dari seorang wanita dengan wanita lain juga berbeda. Rata-rata darah yang dikeluarkan adalah 3-5 sendok makan atau sekitar 30-80 ml darah per siklus menstruasi, dan ini masih dibilang normal. Menstruasi umumnya terjadi dalam 3-8 hari.

loading...
Loading...
4 Siklus Menstruasi yang Tidak Normal yang Perlu Anda Waspadai | lawas | 4.5