Loading...

4 Penyebab Sering Batuk

Penyebab BatukBatuk adalah tindakan refleks yang terjadi pada saat tubuh mencoba mengusir debu, partikel polusi, atau sekresi lendir yang berlebih dari saluran udara pernapasan. Batuk bisa disebabkan oleh banyak hal, dan bisa jadi batuk adalah pertanda adanya masalah kesehatan yang serius di dalam tubuh seseorang.

Seperti yang dikutip dari laman Healthmeup, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai beberapa penyebab batuk :

1. Batuk pasca-virus demam
Saat demam, biasanya kita juga akan mengalami batuk yang cukup menjengkelkan. Ini adalah hal normal yang terjadi sebagai efek dari virus, di mana ini dipicu oleh lendir yang mengalir ke bagian belakang tenggorokan. Biasanya, peradangan ini disebabkan oleh karena pengabaian saat sudah muncul infeksi awal dalam tubuh.

2. Infeksi dada
Bila anda mengalami batuk disertai dengan dahak berwarna hijau atau kekuningan, juga disertai demam, ini bisa menjadi indikator bahwa anda mengalami infeksi dada. Infeksi dada (bronkitis akut) mempengaruhi saluran udara yang lebih besar (bronchitis ) atau kantung udara kecil (pneumoni ), di mana peradangan itu akan menyebar ke paru-paru dan meninggalkan daerah terbuka terhadap serangan bakteri.

3. Asma
Batuk juga bisa disebabkan karena anda sedang menderita asma. Biasanya ini cenderung akan memburuk di malam hari dan mengganggu tidur. Batuk bisa merupakan tanda awal dari asma pada anak-anak atau tanda peringatan bahwa asam memburuk atau sudah tidak terkontrol dengan baik.

4. Kebiasaan merokok
Ada banyak penyakit yang bisa disebabkan karena merokok, termasuk juga efek dari merokok adalah menyebabkan batuk. Merokok akan mengganggu saluran udara yang menyebabkan batuk. Dalam jangka panjang batuk karena efek merokok bisa menjadi tanda dari COPD -Penyakit Paru Obstruktif Kronik, termasuk emfisema dan bronkitis kronis – yang berarti ada kerusakan permanen di saluran udara dalam sistem pernapasan, dan kondisi itu bisa semakin memburuk jika terus diabaikan. Apabila batuk sudah sampai mengeluarkan darah, maka diperlukan perawatan dengan segera oleh tim medis.

loading...
Loading...
4 Penyebab Sering Batuk | chsa | 4.5