Loading...

4 OS alternatif untuk smartphone dan tablet

Saat ini, gadget seperti smartphone atau tablet menggunakan sistem operasi yang sudah jamak ditemukan seperti Android, iOS atau Windows Phone. Sebenarnya masih ada beberapa OS alternatif yang memang sedang dalam tahap perkembangan. Tidak menutup kemungkinan, sistem operasi ini akan menjadi pupuler di masa yang akan datang.

Ingin tahu OS apa saja yang dapat menjadi alternatif di dunia teknologi saat ini dan berpotensi menyaingi OS-OS besar? Berikut daftarnya:

1. Tizen
Sistem operasi buatan Linux dan Intel ini berkonsep terbuka (open source) dan dirumorkan akan menyaingi kesuksesan Android yang kini merajai sistem operasi smartphone di seluruh dunia. OS ini pun dapat dijejalkan di perangkat dari vendor manapun. Huawei, vendor asal China sudah menggunakan Tizen dan Samsung dikabarkan akan menggunakan sistem operasi ini dalam waktu dekat.

2. Firefox OS
Lewat perangkat ZTE, Mozilla Firefox terjun dalam perang sistem operasi lewat Firefox OS miliknya. Sistem operasi inipun akan menjadi OS terbuka yang bisa diterapkan pada perangkat manapun. Namun kabarnya, Firefox OS hanya bisa berjalan pada perangkat high end saja.

3. Ubuntu Touch
Merupakan versi mini Ubuntu pada desktop yang diterapkan pada gadget. Sistem operasi buatan Linux ini dapat dioperasikan pada perangkat smartphone dan tablet tanpa batasan spesifikasi dan merek. Karena bersifat terbuka, Ubuntu Touch pun disebut-sebut siap menjadi pesaing Android dan OS besar lainnya.

4. Jolla Sailfish
Sistem operasi untuk perangkat mobile ini disebut-sebut sebagai calon pembunuh raksasa Android. OS Sailfish pun sebenarnya dibuat untuk smartphone Jolla, sebauh vendor asal Finlandia. Namun Jolla Sailfish kemudian dikembangkan agar dapat berjalan di berbagai macam perangkat dan gadget seperti smartphone, tablet, TV, mobil dan lainnya.

loading...
Loading...
4 OS alternatif untuk smartphone dan tablet | akbar | 4.5