Loading...

4 Nutrisi penting untuk penderita patah tulang

Patah tulang memang membutuhkan waktu yang lama untuk proses penyembuhannya. Setelah melakukan operasi untuk menyatukan tulang kembali, pasien masih harus menunggu berbulan-bulan, bahkan tahun, agar tulang bisa kembali berfungsi seperti semula.

Kendati demikian, bukan berarti pasien hanya bisa pasrah dan menunggu. Proses penyembuhan patah tulang juga bisa dipercepat dengan mengonsumsi nutrisi yang tepat. Berikut adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh pasien patah tulang agar cepat sembuh dan kembali beraktivitas seperti sedia kala.

1. Kalsium
Kalsium adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Ketika seseorang mengalami patah tulang, mengonsumsi kalsium yang cukup sangat baik untuk menyembuhkannya.

Selain mengonsumsi suplemen kalsium hingga 500 – 600 miligram setiap hari, pasien juga disarankan mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti susu, kedelai, pisang, yogurt, tahu, tempe, dan lainnya. Beberapa sayuran seperti brokoli, kale, dan lobak juga kaya akan nutrisi untuk menambah asupan kalsium setiap hari.

2. Vitamin D
Vitamin D memiliki peran penting untuk menyerap kalsium ke dalam darah dan tulang. Tanpa vitamin D yang cukup, kalsium yang ada dalam makanan dan suplemen akan sulit masuk dan diserap tubuh.

Cara mudah mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi yang belum panas. Selain dari paparan sinar matahari, vitamin D juga bisa didapatkan melalui kuning telur, minyak ikan, atau daging ikan seperti salmon, sarden, tuna, dan lainnya.

3. Vitamin K
Vitamin K berperan penting bagi penyembuhan patah tulang. Hal ini dikarenakan vitamin K bertugas untuk memperkuat osteocalcin, komponen protein pada tulang, tanpa meningkatkan jumlah mineral di dalamnya. Proses ini juga membantu penyembuhan patah tulang dengan lebih cepat dan menurunkan risiko tulang retak.

Vitamin K bisa didapatkan melalui sayur-sayuran seperti brokoli, kembang kol, ikan, hati, daging, dan telur. Untuk pasien patah tulang, disarankan untuk mengonsumsi vitamin K 20 persen lebih banyak dari kebutuhan orang normal sehari-hari.

4. Nutrisi lainnya
Nutrisi lain yang dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan patah tulang adalah boron dan silica. Dua nutrisi ini dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam darah dan tulang. Selain itu, ada juga nutrisi lain yang bisa meningkatkan penyerapan kalsium seperti vitamin C dan magnesium. Vitamin C akan membantu produksi kolagen yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan tulang.

loading...
Loading...
4 Nutrisi penting untuk penderita patah tulang | akbar | 4.5