Loading...

4 Mitos dan Fakta Tentang Kanker yang Harus Kita Tahu

Mitos dan Fakta tentang KankerKanker adalah salah satu jenis gangguan kesehatan yang berbahaya yang harus segera dilakukan tindakan pencegahan dan pengobatan. Mengetahui sejak dini adanya kanker memberikan harapan untuk menyembuhkan kanker semakin besar. Sayangnya, banyaknya mitos tentang kanker yang beredar di masyarakat membuat detiksi dini kanker jadi terhambat, sehingga seringkali pengobatan kanker sudah terlambat.

Karena itu, mengetahui mitos dan fakta seputar kanker sangatlah diperlukan dalam upaya pemberantasan kanker. Berikut ini mitos dan fakta seputar kanker yang harus anda ketahui.

1. Kita tidak perlu membicarakan kanker
Faktanya, kanker bukanlah hal yang tabu untuk dibicarakan. Karena dengan membicarakan penyakit kanker secara terbuka dapat meningkatkan hasil penyembuhan yang lebih baik. Dengan secara terbuka membicarakannya, maka kanker akan terdeteksi lebih dini sehingga lebih mudah untuk disembuhkan.

2. Kanker tidak memiliki gejala
Faktanya, bila kita teliti dan memperhatikan, hampir semua kanker memiliki tanda dan gejala yang khas. Kesadaran akan gejala kanker adalah langkah pertama untuk mendeteksi dini dan dapat meningkatkan hasil pengobatan kanker. Kanker pada tahap awal akan lebih mudah diobati dibandingkan jika sudah memasuki stadium lanjut.

3. Tidak ada yang bisa saya lakukan untuk kanker
Faktanya, kita dapat melakukan tindakan dari level individu, komunitas, maupun pembuat kebijakan. Setidaknya sepertiga kanker dapat dicegah bila kita mau bertindak. Untuk hal apa pun, upaya pencegahan tetap lebih baik daripada pengobatan. Untuk itu pencegahan terhadap penyakit kanker akan membuat kita mampu menghadapinya. Contoh sederhana cara mencegah kanker adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, menghindari rokok dan alkohol, serta menjaga berat badan ideal.

4. Saya tidak punya hal dalam pengobatan kanker
Faktanya, setiap orang berhak untuk mendapatkan pengobatan medis bila terkena kanker. Kita semua sejajar dalam mencari pengobatan. Memang perawatan kanker di negara maju dan berkembang sangatlah berbeda. Umumnya pasien kanker di negara maju lebih banyak yang akhirnya sembuh. Sementara pada pasien di negara berkembang sering tidak tertolong lantaran lambatnya deteksi dini kanker, tidak mampu membayar biaya pengobatan yang mahal, serta karena buruknya pelayanan kesehatan.

loading...
Loading...
4 Mitos dan Fakta Tentang Kanker yang Harus Kita Tahu | chsa | 4.5